sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pemerintah tak akan blokir internet di Papua saat HUT OPM

Pembatasan internet hanya akan dilakukan jika terjadi situasi yang berpotensi menimbulkan kekacauan.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Kamis, 31 Okt 2019 19:57 WIB
Pemerintah tak akan blokir internet di Papua saat HUT OPM
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 25773
Dirawat 17185
Meninggal 1573
Sembuh 7015

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memastikan pemerintah tidak akan melakukan pembatasan internet di Papua, saat hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka pada 1 Desember 2019 mendatang. Menurutnya, pembatasan internet hanya akan dilakukan jika terjadi situasi yang berpotensi menimbulkan kekacauan. 

"Saya tidak bisa bicara kemungkinan. Dalam keadaan normal, tidak ada pembatasan internet," kata Plate di Gedung Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta Pusat, Kamis (31/10).

Politikus Partai NasDem itu menjelaskan, pemerintah memiliki regulasi yang jelas dalam melakukan pembatasan internet. Kebijakan ini hanya akan dilakukan jika terdapat indikasi perbuatan yang mengancam kedaulatan rakyat. 

Sekalipun terjadi kerusuhan, Kemkominfo tidak akan serta merta melakukan pembatasan internet. Keputusan tersebut akan dilakukan berdasarkan rekomendasi aparat keamanan, dalam menghadapi situasi yang terjadi. 

Sponsored

Kemkominfo, kata Plate, hanya melakukan monitoring terhadap konten-konten di internet yang berpotensi memicu kekacauan, seperti berita bohong atau hoaks. Karena itu, jika perayaan HUT OPM berlangsung normal, kebijakan tersebut tidak akan diambil oleh pemerintah.

Plate menegaskan, pengawasan yang dilakukan Kemkominfo dilakukan secara terus-menerus selama 24 jam setiap hari. Hal yang sama turut dilakukan saat HUT OPM pada 1 Desember 2019

"Kami memonitor bagaimana lalu lintas percakapan, bagaimana kualitas percakapannya, dan sampai di tingkat mana bahayanya. Apa saja yang dilakukan dan diinformasikan kepada instansi terkait untuk melakukan pencegahan-pencegahannya, agar tidak ada civil disorder, kekacauan di masyarakat. Itu tugasnya. Jangan sampai kacau dulu, baru ditindak," kata Plate menjelaskan.

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 16:49 WIB
Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Kamis, 28 Mei 2020 17:45 WIB
Berita Lainnya