sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri beberkan ancaman keamanan hingga tahun depan

Penyelundupan, pencurian SDA, dan keamanan pulau terluar paling diantisipasi tahun depan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 14 Sep 2020 14:57 WIB
Polri beberkan ancaman keamanan hingga tahun depan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

Polri telah melakukan pemetaan kerawanan yang akan dihadapi hingga tahun depan. Setidaknya pada 2021 sendiri, terdapat tiga kejahatan yang menjadi atensi Korps Bhayangkara.

"Kejahatan seperti penyelundupan, pencurian terhadap sumber daya alam (SDA), dan keamanan pulau-pulau terluar, ini jadi atensi kami tahun 2021," kata Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, dalam rapat kerja bersama DPR yang disiarkan secara daring, Senin (14/9).

Gatot menyatakan, dampak perekonomian, keamanan, dan ketertiban masyarakat atas pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu yang akan diantisipasi. Selain itu, penyelenggaraan Pilkada 2020 menjadi satu yang juga diperhatikan Polri.

Di sisi lain, proses demokrasi dan perkembangan ilmu pengetahuan yang cepat, menurut Gatot juga dapat memengaruhi ideologi politik, sosial, dan budaya harus diantisipasi. "Selain itu, masih adanya penyebaran radikalisme juga menjadi suatu yang diantisipasi," tutur Gatot.

Sponsored

Lebih lanjut ia menyebut, kejahatan siber, narkoba, korupsi, dan kejahatan konvensional terus diantisipasi seiring perkembangan teknologi. Selanjutnya, yang menjadi antisipasi Polri juga terkait keamanan dan ketertiban berlalulintas untuk mengurangi tingkat kecelakaan.

"Kemudian, kejahatan kepada perempuan dan anak juga bagian daripada tuntutan masyarakat yang harus kami penuhi, sehingga penanganannya betul-betul sesuai standar pelayanan minimal," ujar Gatot.

Berita Lainnya