sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tepis isu tak harmonis dengan Panglima Andika, Dudung sindir balik DPR

"Saya dan Panglima baik-baik saja, tidak ada perbedaan apa pun."

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 07 Sep 2022 20:41 WIB
Tepis isu tak harmonis dengan Panglima Andika, Dudung sindir balik DPR

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung, menepis isu hubungannya dengan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, tidak harmonis. Dudung juga memastikan internal militer masih solid.  

"Saya dan Panglima baik-baik saja, tidak ada perbedaan apa pun. Apa pun perintah Panglima TNI, saya jalankan," ujarnya di Mabes TNI AD, Jakarta, pada Rabu (7/9).

Menurut Dudung, ketidakhadirannya dalam rapat kerja (raker) Komisi I DPR dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Panglima TNI, dan ketiga matra TNI bukan karena hubungannya dengan Andika retak. Dia berdalih, justru tidak bisa hadir lantaran tengah menjalankan perintah Andika, mengecek kesiapan pasukan yang akan bertugas.

"Mengecek kesiapan Batalyon 143 yang akan berangkat ke daerah operasi. Saya sebagai pimpinan TNI Angkatan Darat, saya cek kesiapannya sampai di mana karena nanti kekuatannya akan digunakan oleh Panglima TNI," tuturnya.

"Karena beberapa kali ditunda-ditunda [pemberangkatannya], saya cek dulu kesiapannya, latihannya bagaimana, kesiapan materialnya bagaimana. Itu semua kita persiapkan. Itu lebih penting gitu, loh, kalau menurut saya," imbuh eks Pangdam Jaya ini.

Dudung lantas menyindir balik anggota Komisi I DPR terkait isu ini. Baginya, anggota dewan kerap tidak fokus dengan agenda rapat.

"Kalau kita rapat RDP (rapat dengar pendapat) itu biasanya topik sudah ditentukan yang akan dibahas, masalah anggaran, [tetapi isi rapat] terkadang tidak fokus kepada pertanyaan atau bahasan itu. Menanya yang enggak jelas," cibirnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, berharap, isu kurang harmonisnya hubungan antara Panglima TNI dan KSAD tidak diperpanjang. Pasalnya, masing-masing pihak telah memberikan klarifikasi kepada dewan.

Sponsored

"Kalau hubungan terlalu pribadi kita tidak mengurus sampai terlalu detail, ya. Yang utama, hubungan profesional keduanya berjalan baik. Panglima serta KSAD telah menjelaskan bahwa tidak ada masalah dari keduanya. Seluruh matra di TNI, insyaallah, solid," kata Meutya, Selasa (6/9).

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid