sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tito: Satpol PP dan Satlinmas tidak boleh kasar 

Satpol PP dan Satlinmas diminta bekerja profesional untuk menjaga kepuasan masyarakat.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Rabu, 03 Mar 2021 14:27 WIB
Tito: Satpol PP dan Satlinmas tidak boleh kasar 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian meminta, Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal tersebut, demi organisasinya memperoleh kepercayaan dan legitimasi dari masyarakat.

"Saya tekankan betul, jangan berhenti untuk berlatih, baik berlatih tentang hal-hal attitude yang dasar, seperti masalah sikap, penampilan yang bagus dan rapi, memiliki kemampuan profesional yang baik, tidak kasar seperti yang viral-viral itu," ucapnya dalam sambutan HUT Satpol PP ke-71 dan Satlinmas ke-59 di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (3/3).

Untuk pengembangan diri, kata mantan Kapolri itu, Satpol PP dan Satlinmas perlu mengadakan studi kasus. Misalnya, studi latihan di luar (outdoor) dan di dalam (indoor) secara kelompok dengan rajin. Latihan di luar dan di dalam dapat dijadwalkan setiap minggu.

Selain menjadi mitra aparat keamanan, Satpol PP dan Satlinmas, kata dia, mengemban fungsi pelaksanaan peraturan daerah (perda). Di sisi lain, juga berperan dalam melindungi serta memberi rasa aman bagi masyarakat.

Sponsored

Dia menuntut, Satpol PP dan Satlinmas bekerja profesional untuk menjaga kepuasan masyarakat. Sebab, itu menjadi kunci dari keberadaan suatu organisasi di negara demokrasi (pemerintah maupun nonpemerintah). "Bukan berarti Satpol PP dan Satlinmas membiarkan masyarakat melanggar perda," jelasnya.

Ia mengimbau, agar Satpol PP dan Satlinmas selalu intropeksi diri dan tetap mempertahankan kinerjanya. "Satpol PP dan Satlinmas jangan sampai terlena (karena sudah lama dan tidak dibubarkan)," tutur Tito.

Berita Lainnya

Pemudik Curi Start Ancam Pertahanan Kesehatan

Selasa, 20 Apr 2021 15:42 WIB

Pakar dukung penegakan aturan larangan mudik

Jumat, 16 Apr 2021 08:15 WIB

Urgensi masyarakat patuhi larangan mudik Lebaran

Minggu, 18 Apr 2021 18:32 WIB