logo alinea.id logo alinea.id

Tuding propaganda Rusia, Jokowi dilaporkan ke Bareskrim

Ucapan Presiden Joko Widodo terkait propaganda Rusia berujung pelaporan ke Bareskrim Mabes Polri sebagai berita bohong alias hoaks.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 07 Feb 2019 17:35 WIB
Tuding propaganda Rusia, Jokowi dilaporkan ke Bareskrim

Ucapan Presiden Joko Widodo terkait propaganda Rusia berujung pelaporan ke Bareskrim Mabes Polri sebagai berita bohong alias hoaks.

Masyarakat Independen Anti Hoaks dan Berita Bohong melaporkan Presiden Jokowi ke Bareskrim Polri terkait ucapan pidatonya di Surabaya, Sabtu (2/1) lalu.

Ketua Umum Serikat Independen Rakyat Indonesia (SIRI) Hasan Basri menilai pidato Jokowi yang mengucapkan adanya tim sukses menyiarkan sebuah propaganda Rusia tidak elok untuk dikatakan seorang Presiden.

Hasan menafsirkan pidato tersebut seolah-olah akan ada negara asing yang terlibat dalam politik Indonesia. Menurutnya, ucapan tersebut telah banyak menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Sebab itu, keresahan yang ada di masyarakat telah menimbulkan berbagai opini, dan opini ini sangat tidak baik bagi kami yang berasal dari unsur independen," kata Hasan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (7/1).

Ia menyatakan, pernyataan Jokowi merupakan produk hoaks, dan harus diklarifikasi. Sebab, jika tidak akan menimbulkan konflik dan kegaduhan di masyarakat.

Oleh karena itu, kata Hasan, setiap ada hoaks yang beredar di masayarakat, dan tidak bisa di pertanggungjawabkan, pihaknya akan melalukan upaya hukum.

"Kami minta hari ini pihak Bareskrim Polri sebagai pihak yang menjalani tugas untuk menegakan hukum, tolong ini diusut. Kita minta agar polisi bertindak tanpa pandang bulu," ucap Hasan.

Sponsored

Hasan tiba di Bareakrim Polri pukul 14.00 WIB. Dalam laporannya, ia membawa barang bukti berupa potongan video yang didapat dari youtube. Video tersebut merekam ucapan saat Jokowi berpidato di Surabaya.

Sebelumnya, Jokowi melakukan pidato di Surabaya pada Sabtu (2/1) kemarin. Jokowi menyebut ada politisi yang menggunakan propaganda Rusia pada saat kampanye Pilpres 2019.

Pidato Jokowi seperti 'Problemnya adalah ada tim sukses yang menyiarkan sebuah propaganda, yang namanya propaganda Rusia, yang setiap saat selalu mengeluarkan semburan-semburan fitnah,' atas dasar itu Hasan melaporkan Jokowi ke Bareskrim.