sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kalahkan MU, Young Boys duduki puncak klasmen grup F

Gol Young Boys pada injury time babak kedua yang memastikan kemenangan Young Boys atas The Red Devils.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Rabu, 15 Sep 2021 08:05 WIB
Kalahkan MU, Young Boys duduki puncak klasmen grup F

Klub sepak bola Swiss BSC Young Boys melesat ke peringkat teratas grup F UEFA Champions League, usai mengalahkan pemeringkat paling senior dari Inggris Manchester United. Dalam laga Stadion Wankdorf pada Selasa (14/9) pukul 23.45 waktu setempat, sang Setan Merah harus pulang membawa kekalahan dari klub berbasis di Bern, Swiss ini.

Permainan dibuka dengan usaha penyerang tengah Young Boys Meschack Elia untuk membobol gawang MU dari Inggris Barat Laut yang sayangnya gagal. Semenit selanjutnya, gelandang penyerang Manchester United Bruno Fernandes, memenangkan kesempatan free kick pada posisi sayap kiri. Semenit kemudian, gelandang tengah MU Donny van de Beek juga memenangkan kesempatan yang sama, tetapi kali ini dari posisi bertahan. Kesempatan free kick juga didapatkan gelandang kiri Young Boys Nicolas Moumi Ngamaleu pada menit ke-11.

Tidak butuh waktu lama bagi Manchester United untuk menunjukkan siapa yang lebih perkasa. Pada menit ke-13, gol bagi MU tercipta dari kaki kanan sang penyerang tengah sekaligus kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo, dibantu oleh rekan senegaranya Bruno Fernandes. Tujuh menit kemudian, Fernandes kembali mencoba menembus pertahanan Young Boys dengan umpan bagi bek kiri Luke Shaw, tetapi berakhir dengan offside.

Young Boys melancarkan aksi bombardir pada MU pada menit ke-22. Berturut-turut Meschack Elia, bek tengah Mohamed Ali Camara, dan Nicolas Moumi Ngamaleu menghujani pertahanan MU dengan dua usaha sundulan dan tendangan kaki kanan. Usaha mereka berhasil digagalkan, dan pada menit berikutnya Bruno Fernandes kembali memenangkan kesempatan free kick. Pada menit ke-24, gelandang kanan Young Boys Christian Fassnacht, mencoba menyarangkan gol di gawang jagaan David de Gea tetapi gagal. Begitu pula dengan percobaan sang bintang MU Cristiano Ronaldo pada gawang jagaan David von Ballmoos. Sembilan menit kemudian, tendangan kaki kiri gelandang tengah Young Boys Michel Aebischer terbukti terlalu tinggi untuk masuk gawang MU.

Selebrasi kepemimpinan Manchester United harus terhenti di menit ke-35, ketika bek kanan Aaron Wan-Bissaka mendapat kartu merah dari wasit François Letexier. Dua menit setelah Wan-Bissaka dipaksa mandi lebih awal, giliran penyerang sayap kanan Jadon Sancho diganti dengan bek kanan Diogo Dalot. Menjelang akhir babak pertama pada menit pertama penalti, giliran Christian Fassnacht dari Young Boys mendapatkan kartu kuning.

Pertandingan babak kedua diawali dengan pergantian pemain di kedua sisi. Skuat setan dari Old Trafford menggantikan Donny van de Beek dengan bek tengah Raphaël Varane, sedangkan skuat para pemuda dari Bern menggantikan gelandang tengah Vincent Sierro yang telah banyak melakukan assist di babak sebelumnya dengan penyerang tengah Jordan Siebatcheu. Kartu kuning pada babak kedua tercipta masing-masing satu untuk MU dan Young Boys. Kartu kuning tercipta di menit ke-50 untuk gelandang bertahan Young Boys Christopher Martins Pereira dan menit ke-64 untuk bek tengah MU Raphaël Varane. Selain itu, Young Boys juga bermain lebih agresif pada babak kedua ini. Bombardir dilancarkan pada sarang skuat asuhan Ole Gunnar Solskjær pada menit ke-54, ke-55, ke-57, dan ke-66.

Gol! Setelah mencoba empat kali, percobaan kelima Young Boys berhasil menyamakan kedudukan para pemuda dari Alpen dengan Setan Merah dari Britania. Gelandang kiri Nicolaus Moumi Ngamaleu dibantu oleh bek kanan Silvan Hefti masuk membobol gawang skuat pimpinan Harry Maguire. Manchester United mencoba mengubah strategi pada menit ke-72 dengan mengganti Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes dengan Jesse Lingard dan Nemanja Matic. Pada menit ke-83, Young Boys juga mengubah strategi dengan menggantikan Christopher Martins Pereira dan Silvan Hefti dengan gelandang tengah Fabian Rieder dan gelandang kiri Miralem Sulejmani.

Pertahanan keduanya sama-sama cukup kuat untuk setidaknya menahan serangan satu sama lain hingga babak kedua tanpa penalti usai.

Sponsored

Namun, adalah gol Young Boys pada injury time babak kedua yang memastikan kemenangan Young Boys atas The Red Devils. Skuat asuhan David Wagner ini berhasil menyarangkan gol kedua pada menit kelima perpanjangan waktu babak kedua melalui kaki Jordan Siebatcheu. Semenit kemudian, peluit panjang wasit Letexier berbunyi dan pertandingan dinyatakan selesai. Para pemuda dari Alpen berhasil mempertahankan kejayaan di rumah sendiri, sedangkan skuat Setan Merah harus pulang ke Old Trafford dengan menelan kekalahan. Kemenangan ini sekaligus mendorong BSC Young Boys ke peringkat pertama grup F dengan 3 poin, diikuti oleh Atalanta BC dan Villarreal CF masing-masing dengan 1 poin setelah seri 2-2 di Stadion de la Cerámica di Villarreal, Spanyol. Manchester United, sebagai hasilnya, duduk di posisi paling bawah dengan 0 poin.

 

Sumber: Transfermarkt

Berita Lainnya