sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jelang laga vs Indonesia, Pelatih Vietnam akui pemainnya merasa beban

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengalahkan Indonesia,” kata Park.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 06 Mei 2022 07:59 WIB
Jelang laga vs Indonesia, Pelatih Vietnam akui pemainnya merasa beban

Vietnam memikul beban jelang laga perdana versus Indonesia di babak penyisihan grup A cabang olahraga sepakbola putera SEA Games 2021. Pelatih Vietnam Park Hang-seo mengakui tekanan ada pada para pemainnya.  

Sesuai jadwal, duel Vietnam vs Indonesia akan digelar pukul 19.00 WIB, di Stadion Viet Tri, Phu Tho.

"SEA Games ini diselenggarakan di Vietnam dan kami adalah juara bertahannya peraih emas. Suporter tuan rumah memiliki begitu banyak harapan kepada tim. Oleh karena itu, para pemain berada di bawah sedikit tekanan, tetapi saya yakin mereka dapat membawa kegembiraan bagi para penggemar dan akan mencoba yang terbaik. Saat ini, tim sudah siap, fisik dan mental," kata Park dalam konferensi pers Kamis (5/5).

Media Vietnam Vnexpress mengatakan bahwa dibandingkan skuat peraih medali emas SEA Games 2019, Vietnam memang tidak memiliki banyak bintang kali ini, namun target mereka tetap emas. Bagi Park, SEA Games 31 akan menjadi turnamen terakhirnya sebagai pelatih kepala tim nasional.

"Saya akan bekerja dengan mentalitas dan tanggung jawab tertinggi, untuk membawa kegembiraan bagi para penggemar sepak bola Vietnam," katanya.

Bagi Vietnam, laga penyisihan grup pertama dengan Indonesia dianggap sebagai ujian kekuatan penting bagi Vietnam. Di final SEA Games 2019, Vietnam menang 3-0 melawan Indonesia di final untuk merebut emas.

“Dibandingkan dengan pertemuan tiga tahun lalu, Indonesia telah berubah dan menjadi lebih kuat secara signifikan. Mereka memiliki pelatih baru, tim yang lebih berpengalaman dengan banyak pemain yang berlaga di Piala AFF tahun lalu dan mereka yang bermain di luar negeri juga. Perubahan akan datang dengan tekanan besar, yang harus ditanggung Indonesia selama SEA Games ini," tambah Park.

Indonesia membawa 20 pemain ke SEA Games 31, dengan 12 bermain di Piala AFF tahun lalu, di mana Garuda menjadi runner-up. 

Sponsored

Bagi Vietnam, gaya bermain Indonesia, yang biasa adalah bertahan, terkadang sampai ke level yang ekstrem. Park menegaskan, Vietnam siap menghadapi strategi itu jika Indonesia menggunakannya dalam pertandingan Jumat nanti.

"Kami tidak tahu taktik apa yang akan digunakan Indonesia. Tetapi Vietnam selalu menyiapkan banyak rencana untuk menghadapi situasi dan strategi apa pun," kata Park.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengalahkan Indonesia,” tambahnya.

Berita Lainnya