sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Resmi, Chelsea dibeli miliuner AS Todd Boehly dan konsorsiumnya

Pemerintah Inggris perlu mengeluarkan lisensi baru jika dan ketika pengambilalihan Boehly disetujui.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 07 Mei 2022 16:34 WIB
Resmi, Chelsea dibeli miliuner AS Todd Boehly dan konsorsiumnya

Setelah 19 tahun dimiliki Roman Abramovic, Chelsea akhirnya berpindah tangan ke Todd Boehly dan konsorsiumnya. 
Milioner AS itu dilaporkan telah menandatangani perjanjian pembelian untuk membeli Chelsea.

Pengusaha AS dan konsorsiumnya diyakini telah menyetujui kesepakatan senilai hingga £4 miliar dengan Abramovich, dan mereka sekarang mencari persetujuan dari pemerintah Inggris dan Liga Premier. Kesepakatan diharapkan akan selesai sebelum akhir bulan.

Chelsea disiapkan untuk dijual oleh Abramovich hanya beberapa hari sebelum oligarki Rusia itu diberi sanksi oleh pemerintah Inggris pada bulan Maret karena diduga memiliki hubungan dengan Vladimir Putin, sesuatu yang dia bantah. 

The Blues saat ini beroperasi di bawah lisensi khusus, yang akan berakhir pada 31 Mei. Pemerintah Inggris perlu mengeluarkan lisensi baru jika dan ketika pengambilalihan Boehly disetujui. Perdana Menteri Boris Johnson dan rekan-rekannya tidak diharapkan untuk menghalangi konsorsium.

Konsorsium Boehly juga harus lulus ujian pemilik dan direktur Liga Premier. Organisasi diharapkan untuk menyetujui pengambilalihan yang diusulkan.

Seperti dilansir The Telegraph, penandatanganan perjanjian pembelian tersebut dipandang sebagai langkah terbesar dari proses hingga saat ini. Ini adalah komitmen yang mentransfer saham penjual ke pembeli - menetapkan tanggal penyelesaian.

Diyakini Boehly - salah satu pemilik tim bisbol LA Dodgers - dan rekan-rekannya menandatangani kesepakatan pada hari Jumat, seminggu setelah mereka ditunjuk sebagai penawar pilihan oleh Raine Group - bank investasi yang menengahi kesepakatan atas nama Abramovich.

Konsorsium Boehly termasuk sesama pengusaha Hansjorg Wyss, Mark Walker dan Jonathan Goldstein. Mereka telah menandatangani serangkaian klausul "anti-Glazer" - menghentikan mereka dari membayar dividen atau biaya manajemen, serta melarang penjualan saham apa pun, hingga tahun 2032. Kesepakatan itu juga dianggap telah memberlakukan batasan ketat pada tingkat utang yang dapat mereka ambil.

Sponsored

Boehly tampaknya telah mengalahkan persaingan akhir dari miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe, yang mengajukan tawaran menit terakhir untuk Chelsea melalui sebuah konsorsium.(Mirror)

Berita Lainnya