close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Logo Bawaslu DKI Jakarta. Foto istimewa.
icon caption
Logo Bawaslu DKI Jakarta. Foto istimewa.
Politik
Jumat, 26 Agustus 2022 13:53

Bawaslu putuskan nasib 4 parpol ikut Pemilu 2024 hari ini

Keempat partai itu dilaporkan dugaan pelanggaran administrasi pemilu oleh KPU.
swipe

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan menggelar sidang untuk memutuskan nasib empat partai politik (parpol) yang gagal mendaftar sebagai perserta Pemilu 2024, Jumat (26/8).

Menurut anggota Bawaslu, Puadi, pihaknya akan kembali menggelar sidang pendahuluan untuk laporan empat parpol, yakni Partai Berkarya versi Muchdi PR, Partai Bhineka Indonesia, Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), dan Partai Kongres.

"Pada hari ini Bawaslu akan kembali membacakan putusan pendahuluan terhadap laporan dugaan pelanggaran administrasi pemilu oleh KPU," ujar Puadi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (26/8).

Puadi menjelaskan, sidang pendahuluan ini merupakan mekanisme dalam hukum acara penanganan administrasi pemilu, tepatnya Pasal 41 ayat (1) Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Penyelesaian Pelanggaran Admnistratif Pemilihan Umum,

Majelis Pemeriksa Bawaslu memiliki beberapa tugas dalam pemeriksaan pendahuluan, meliputi syarat formil dan syarat materil; kewenangan untuk menyelesaikan laporan dugaan Pelanggaran Administratif Pemilu.

"Jika keempat syarat tersebut terpenuhi, maka majelis pemeriksa memutus diterima dan dilanjutkan pada sidang pemeriksaan," ucap Puadi.

Sebelumnya, pada Kamis (25/8), Bawaslu telah menggelar sidang untuk Partai Berkarya, Partai Pelita, Partai Karya Republik (Pakar), dan Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU).

Artikel ini ditulis oleh :

img
Marselinus Gual
Reporter
img
Ayu mumpuni
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan