sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gaet pemuda, PDIP akan rutin gelar turnamen e-sport

"Diharapkan dapat memberi wadah bagi para pemuda yang memiliki minat dan bakat di e-sports."

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Minggu, 31 Okt 2021 20:23 WIB
Gaet pemuda, PDIP akan rutin gelar turnamen <i>e-sport</i>

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berencana mengadakan turnamen olahraga-el (e-sport) secara rutin guna menggendeng pemuda. Wacana ini dikemukakan seiring suksesnya kegiatan perdana yang digelar dalam menyambut Peringatan Sumpah Pemuda ke-93.

"Sudah menjadi komitmen saya untuk menjadikan e-sport ini sebagai turnamen rutin," ucap Ketua DPC PDIP Jakarta Selatan (Jaksel), Yuke Yurike, dalam keterangan tertulis. Permainan yang dipertandingkan pun bakal diperluas, seperti Mobile Legends Bang-Bang, Valorant, Dota 2, dan Free Fire. 

PDIP Jaksel diketahui menggelar turnamen olahraga-el bertajuk "Banteng Selatan E-sports Tournament". Acara, yang hanya menggelar pertandingan PUBG Mobile, diikuti 64 tim dengan hadiah total Rp10 juta. 

Yuke mengklaim, penyelenggaran turnamen tersebut merupakan dukungan konkret PDIP dalam menyikapi tren yang berkembang di masyarakat. "Diharapkan dapat memberi wadah bagi para pemuda yang memiliki minat dan bakat di e-sports."

Menurutnya, turnamen olahraga-el ini memiliki sisi positif bagi anak muda apabila semua elemen masyarakat memahami dengan baik dan memberikan wadah para pemain untuk berkompetisi. Selain itu, menjadi peluang bangkitnya ekonomi saat pandemi.

Hal senada disampaikan Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga, Eriko Sotarduga. Katanya, Indonesia menjadi pangsa pasar gim video terbesar di Asia Tenggara dengan 43,7 juta pemain pada 2018 dan pendapatan mencapai Rp15,4 triliun.

Sayangnya, sambung dia, pangsa pasar gim video dalam negeri hanya menguasi 0,4% saja. Karenanya, 
pemuda diajak untuk mengembangkan industri tersebut lain aktif bertanding.

"Bagi pemuda, nilai positif bertanding dalam e-sports antara lain membantu mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan problem, melatih kerja sama tim, serta membangun kemampuan komunikatif dan kreativitas," tandas Eriko.

Sponsored
Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid