sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ketua DPP PPP: Calon ketum harus kader seperti diatur AD/ART

Sejumlah nama beredar untuk calon ketum, seperti Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa hingga Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Selasa, 27 Okt 2020 08:24 WIB
Ketua DPP PPP: Calon ketum harus kader seperti diatur AD/ART
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

PPP menggelar muktamar IX untuk memilih ketua umum definitif pada Desember. Sejumlah nama beredar, seperti Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa, hingga Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Menanggapi itu, Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Lena Maryana Mukti menegaskan, terdapat mekanisme bagi setiap kandidat yang diusung menjadi pimpinan partai. Karena itu, tidak ada kandidat yang asal maju tanpa melalui proses kaderisasi seperti yang diatur dalam AD/ART.

"Sah-sah saja, jika ada sejumlah nama akan ikut berkontestasi di muktamar. Namun tentunya setiap calon yang diusung tidak bisa serta merta menyelonong menjadi calon ketua umum. Apalagi tanpa melalui proses kaderisasi yang sudah diatur di AD/ART," ujar Lena dalam keterangannya, Selasa (27/10).

Dalam AD/ART PPP, sudah terpampang jelas setidaknya caketum harus satu periode masuk di kepengurusan PPP.

"Mekanisme ini tentu harus dijalankan oleh seluruh caketum kemudian wajib disadari serta diimplementasikan oleh para muktamirin," terang dia.

Baginya, muktamar ke-IX bukan dipahami sebagai ajang memperebutkan kursi ketua umum, melainkan merupakan proses menyempurnakan khittah atau haluan dan program perjuangan PPP.

"Momen Muktamar ini harus juga dijadikan ajang evaluasi diri di tengah tantangan yang dihadapi PPP agar ke depan partai ini kembali jaya," tandasnya.

Sebagai informasi, rencananya partai berlogo kakbah itu akan menggelar muktamar ke-IX di Makassar. Namun, belum ada waktu tepat untuk menggelar hajat besar partai tersebut. 

Suharso Monoarfa telah mendeklarasikan diri maju sebagai calon ketua umum PPP pada muktamar IX. Suharso yang saat ini menjabat sebagai pelaksana tugas ketua umum melakukan deklarasi dalam rapat dengan DPW PPP Jawa Barat di Sentul, Bogor, Jumat (23/10).

Sponsored

"Saya dimiliki Jawa Barat, maka di depan para kader PPP se-Jabar ini, saya mendeklarasikan maju bertarung dalam muktamar IX untuk menang menjadi Ketua Umum," ujar Suharso dikutip dari siaran pers, Sabtu (24/10).

Berita Lainnya