sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Partai Ummat pilih Perisai Tauhid sebagai logo partai

Di dada Burung Garuda Pancasila, bintang merupakan simbol Ketuhanan Yang Maha Esa.

Firda Junita
Firda Junita Selasa, 10 Nov 2020 14:08 WIB
Partai Ummat pilih Perisai Tauhid sebagai logo partai
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Pendiri Partai Ummat, Amien Rais mengumumkan logo partainya melalui halaman Youtube Amien Rais Official, Selasa (10/11).

Logo tersebut berbentuk perisai dengan bintang di tengahnya. Warna hitam dan emas terlihat mendominasi dalam logo yang bernama Perisai Tauhid itu.

“Setelah bermusyawarah panjang, kami akhirnya memutuskan bahwa logo Partai Ummat adalah Perisai Tauhid,” kata Amien.

Amien mengatakan, di dada Burung Garuda Pancasila, bintang merupakan simbol Ketuhanan Yang Maha Esa. Kalimat Tauhid dalam islam disebut sebagai kalimat thayyibah yang diibaratkan sebagai syajarah thayyibah, yakni pohon yang indah yang akarnya merasuk ke dalam Bumi, sedangkan cabangnya menjulang tinggi ke angkasa, memberikan manfaat kepada alam sekitarnya, sepanjang masa dengan izin Tuhannya.

“Insya Allah, Partai Ummat akan ikut memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia, selama keberadaan dan kehidupannya,” ucap Amien.

Kemudian Amien menjelaskan, sebagian ulama menamakan kalimat tauhid sebagai kalimatut-tahrir atau kalimat pembebasan, yakni membebaskan umat manusia dari belenggu penghambaan kepada sesame manusia menjadi penyembahan kepada Allah semata.

“Oleh karena itu, motto perjuangan Partai Ummat adalah melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” uajr Amien.

Dilanjut dengan itu, bila bendera Partai Ummat berwarna hitam, Perisai Tauhid juga berwarna hitam dilingkari dengan warna kuning keemasan dengan bintang keemasan. Ilham itu datang dari kiswah Kakbah yang merupakan perpaduan dan beludru hitam dari benang emas.

Sponsored

“Dengan kiswah seperti itu, Kakbah nampak anggun, mulia dan berwibawa dan telah menjadi kiblat kaum beriman sejak zaman Nabi Ibrahim AS sampai sekarang dan sampai akhir zaman”, kata Amien.

Menurutnya, Perisai Tauhid merupakan pancaran autentik dari kalimat syahadah, kalimat thayyibah, dan sekaligus kalimat pembebasan.

“Insya Allah, logo dan bendera Partai Ummat mengingatkan selalu para kader dan anggota Partai Ummat, agar dalam bekerja dan berjuang hanya mencari rida Ilahi dan bukan rida manusia,” tutupnya.

Berita Lainnya