sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PDIP klaim Jokowi cocok jadi Sekjen PBB usai lepas jabatan

Jokowi dianggap laik jadi Sekjen PBB karena legacy yang luar biasa.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 14 Nov 2022 15:27 WIB
PDIP klaim Jokowi cocok jadi Sekjen PBB usai lepas jabatan

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah, menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) cocok untuk menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB setelah melepas jabatan di 2024. Menurut Said, Jokowi meninggal jejak kepemimpinan yang luar biasa bagi bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Said merespon pernyataan Jokowi yang ingin balik ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah setelah tak lagi menjadi presiden. Menurut Jokowi, di Solo ia akan menjadi rakyat biasa dan aktif pada bidang lingkungan hidup.

"Karena legacy yang luar biasa, maka layak Presiden Jokowi sesudah berhenti atau 20 Oktober itu layak dijadikan Sekjen PBB," ujar Said di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/11).

Menurut Said, selama menjabat sebagai presiden, Jokowi memang mendorong pemerintahan yang dipimpinnya untuk serius menghadapi perubahan iklim. Hal ini terlihat dari Presiden Jokowi yang menggalakkan pemakaian kendaraan listrik.

"Secara konstitusional bapak presiden per 20 Oktober 2024 mengakhiri masa jabatan dengan legecy yang luar biasa," katanya.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan rencananya usai tidak lagi menjadi Kepala Negara pada 2024 mendatang. Jokowi mengaku akan kembali menjadi rakyat di tempat kelahirannya di Kota Solo.

"Saya akan kembali ke kota saya, Solo. Sebagai rakyat biasa," ungkap Jokowi dalam sebuah wawancara dengan The Economist yang disiarkan dalam kanal Youtube, Minggu (13/11).

Jokowi menegaskan akan aktif pada bidang lingkungan selepas purna tugas sebagai kepala negara. "Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup," ungkap Jokowi.

Sponsored

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menginginkan kepemimpinannya menjadi presiden selama dua periode memberikan pola pikir yang baik bagi Indonesia. Bahkan, diharapkan Indonesia bisa melakukan lompatan menjadi negara maju.

"Ya kita berharap itu ada perubahan mindset, ada perubahan cara kerja baru. Sehingga betul-betul negara ini akan bisa melompat untuk maju ke depan," ucap Jokowi.

Berita Lainnya
×
tekid