sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Prabowo akan deklarasi maju dalam Pilpres saat rakernas

Rakernas Partai gerindra akan diselenggarakan pada Agustus 2022.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 29 Jun 2022 13:56 WIB
Prabowo akan deklarasi maju dalam Pilpres saat rakernas

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut partainya akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas). Rencananya, rakernas akan digelar pada Agustus 2022.

"Kita akan rencanakan paling lambat Agustus sudah Rakernas," kata Dasco di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/6).

Menurut Dasco, Rakernas Partai Gerindra menjadi momentum untuk mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di 2024.

"Ya kira-kira begitu, kita akan meminta jawaban dari Pak Prabowo untuk meminta kesiapan maju dari Gerindra," ujar dia.

Prabowo Subianto kalah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertarungan kedua kalinya di Pilpres 2019. Meski membawa kader muda Partai Gerindra, Sandiaga Uno, Prabowo tidak mampu membendung Jokowi untuk kedua kalinya setelah Pilpres 2014.

Pada Pilpres 2014, Prabowo berpasangan dengan Hatta Rajasa. Sementara, Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Setelah Pilpres 2019, Prabowo membawa partainya masuk koalisi pemerintahan. Sebagai ganjarannya, ia mendapat kursi Menteri Pertahanan RI, termasuk Sandiaga Uno yang menduduki posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Apabila Prabowo maju lagi di Pilpres 2024, itu artinya Ketua Umum Partai Gerindra itu maju keempat kalinya di pilpres. Namun di 2024, tentu saja Prabowo tak lagi berhadapan dengan Jokowi yang secara undang-undang tidak bisa maju lagi untuk ketiga kalinya.

Sponsored

Secara elektabilitas, berdasarkan berbagai survei yang dirilis sejumlah lembaga survei, tren elektabilitas Prabowo pada umumnya berada di tiga besar. Ia dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hampir menguasai panggung survei dengan memuncaki perolehan elektabilitas.

Berita Lainnya
×
tekid