sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PSI bantah dukung anak dan menantu Jokowi di Pilkada 2020

PSI membantah partainya melanggengkan politik dinasti.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Rabu, 29 Jan 2020 15:56 WIB
PSI bantah dukung anak dan menantu Jokowi di Pilkada 2020

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membantah mendukung putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan menantunya Bobby Nasution maju di Pilkada 2020, pasalnya Gibran dan Bobby belum mendaftar di konvensi PSI. Demikian diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat PSI, Satia Chandra Wiguna.

Chandra juga membantah partainya melanggengkan politik dinasti, terkait mendaftarnya putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, di konvensi PSI untuk calon Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

"Dinasti politik itu terjadi ketika tidak ada proses seleksi. Di PSI kan ada proses itu. Hanya kita menyerahkan ke semua panitia seleksi. Jadi, kalau misalkan dibilang bahwa kita menolak dinasti (itu) iya, kalau tidak ada proses," kata dia di Jakarta, Rabu (29/1).

Terkait putri Ma'ruf Amin, dia berdalih saat ini masih dalam proses konvensi. Di sisi lain, tambah dia, sekalipun Siti Nur Azizah anak wakil presiden dia belum tentu lolos.

"Kemarin anaknya Kiai Ma'ruf mendaftar. Itu kan sudah proses. Belum tentu dia lolos nanti," ucap dia.

Diketahui, pada Oktober 2019, Siti Nur Azizah menyambangi Kantor Sekretariat DPC PSI Tangsel untuk penyerahkan berkas pendaftaran konvensi calon Wali Kota Tangerang Selatan.

Azizah juga optimistis didukung Partai Gerindra dalam Pilkada Tangsel 2020, karena ketua umumnya, Prabowo Subianto, memberi sinyal dukungan. Azizah menemui Prabowo di Jalan Kertanegara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 28 Desember 2019. Kehadirannya untuk meminta dukungan di pilkada mendatang.

"Amin, ya. Mudah-mudahan didoakan, ya dan semangat. Beliau sebagai seorang politisi sebagai ketua partai, beliau senantiasa memberikan dorongan kepada siapa saja yang akan membangun bangsa ini. Termasuk saya," katanya di Kantor DPD Gerindra Banten, Kota Serang.

Sponsored

Selain Gerindra, dia juga telah bertandang ke sejumlah elite dan pengurus partai lain, seperti Hanura dan PPP.

Berita Lainnya