sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Reshuffle: Zulhas, Surya Paloh hingga Prabowo tiba di Istana Negara

Zulhas akan dilantik sebagai Menteri Perdagangan (Mendag), menggantikan posisi Muhammad Lutfi.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 15 Jun 2022 12:10 WIB
Reshuffle: Zulhas, Surya Paloh hingga Prabowo tiba di Istana Negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada hari ini (15/6) sekitar pukul 13.30 WIB. Jokowi dikabarkan akan melantik sejumlah menteri dan wakil menteri (wamen) di kabinet pemerintahannya bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Saat ini, sejumlah ketua umum partai politik telah hadir di Istana Negara, di antaranya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, tiba di Istana Negara sekitar pukul 11.37 WIB.

Kemudian, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, disusul Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sekitar pukul 11.40 WIB. Setelahnya, hadir pula Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, sekitar pukul 11.43 WIB.

Tak berapa lama Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) muncul. Tampak Zulhas mengenakan jas hitam dan kemeja putih. Zulhas sendiri dikabarkan akan dilantik sebagai menteri.

Sebagaimana disiarkan akun Youtube Sekretariat Presiden, sejumlah tokoh dan elite politik ini sedianya akan menggelar perjamuan makan siang dengan Jokowi sebelum pelantikan.

Dalam reshuffle kali ini, Zulhas akan dilantik sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan posisi Muhammad Lutfi. Sedangkan, Hadi Tjahjanto akan dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Sedangkan, untuk posisi wamen, politikus PSI Raja Juli Antoni akan dilantik sebagai Wamen ATR, Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker), dan John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri).

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan jatah kursi menteri kepada Ketua Umum Zulkifli Hasan di dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju. 

Sponsored

"Insyaallah Bang Zul (Zulkifli Hasan) diberikan presiden amanah sebagai menteri," ujar Bima kepada wartawan, Rabu (15/6) malam. 

Wali Kota Bogor itu enggan menjelaskan lebih lanjut perihal posisi yang akan diemban Zulhas dalam Kabinet Indonesia Maju. 

"Insyaallah ketua umum kami diberi kepercayaan oleh Presiden memenuhi tugas negara. Mengenai posisi, kami tunggu saja nanti siang ya," katanya.

Berita Lainnya
×
tekid