sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Reshuffle kabinet dinilai dapat menaikkan kepercayaan terhadap Jokowi

Survei Charta Politika pada April 2022 menyebutkan, hanya ada 50,1% responden yang menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 27 Apr 2022 22:36 WIB
Reshuffle kabinet dinilai dapat menaikkan kepercayaan terhadap Jokowi

Penetapan tersangka dugaan korupsi kasus minyak goreng (migor) yang melibatkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen Daglu Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana (IWW) dinilai berdampak postif terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Meski survei kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi menurun, namun penegakan hukum menjadi harapan masyarakat terhadap Kepala Negara.

Hal itu disampaikan pengamat politik Lingkar Madani, Ray Rangkuti, merespons sejumlah hasil survei terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

"Dengan ditetapkannya tersangka, saya kira akan sedikit membuat tingkat kepuasan terhadap Pak Jokowi kembali akan meningkat. Makanya, ketika sektor harga minyak goreng belum terpenuhi sesuai keinginan masyarakat, setidaknya orang bisa melihat ada penegakan hukum kepada mereka yang mempermainkan harga ini," ujar Ray ketika dihubungi Alinea.id, Rabu (27/4).

Survei Charta Politika pada April 2022 menyebutkan, hanya ada 50,1% responden yang menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi, sedangkan 43,9% menyatakan tidak puas terhadap kinerja para menteri.

Sementara, berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah pada April berada pada angka 59,9%, menurun jika dibandingkan dengan Januari 2022, saat itu sebesar 75,3%.

Ray mengatakan, turunnya kepuasan terhadap Jokowi ini disebabkan oleh tiga faktor. Yakni soal kelangkaan minyak goreng, kenaikan harga-harga pangan dan isu penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan periode jabatan presiden. Dari ketiga isu ini, dua isu terakhir yakni penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan menyumbang pada menurunnya kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi.

Oleh karena itu, Ray mengatakan Jokowi harus bekerja ekstra keras ke depan. Jangan sampai, ketika kepuasan publik kembali naik, isu tiga periode kembali muncul.

Sponsored

"Kalau isu tiga periode sih sudah menurun. Itu sedikit banyak membantu Pak Jokowi menaikkan lagi tingkat kepuasan terhadap dirinya," kata dia.

Ray juga menngatakan Jokowi juga harus bersikap tegas kepada para menterinya yang berniat maju di Pilpres 2024. Ray berpendapat, Jokowi harus melakukan reshuffle agar para menterinya diisi oleh tokoh-tokoh yang mampu bekerja tuntas hingga akhir jabatan Jokowi di 2024.

"Jokowi juga harus tegas lagi kepada menterinya, yang harus ngurus capres (calon presiden) sebaiknya ditahan dulu. Dan ada baiknya dilakukan reshuffle untuk menaikan kinerja kementeriannya Pak Jokowi ini," pungkas Ray.

Berita Lainnya