Kasus infeksi baru meningkat, Fujian berlakukan lockdown

Dalam empat hari, terdapat total 102 infeksi yang telah dilaporkan di Fujian.

Seorang petugas kesehatan mengumpulkan sampel swab dari seorang warga untuk tes COVID-19 di Kabupaten Xianyou, Kota Putian, Provinsi Fujian, China timur, 12 September 2021. Foto Xinhua/Wei Peiquan


Otoritas Kesehatan China mengatakan pada Selasa (14/9), infeksi Covid-19 lokal baru meningkat lebih dari dua kali lipat di Provinsi Tenggara China, Fujian. Hal ini mendorong para pejabat untuk segera meluncurkan langkah-langkah yang harus diambil, termasuk pembatasan perjalanan untuk menghentikan penyebaran virus.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan, ada 59 kasus baru yang ditularkan secara lokal dan dilaporkan pada 13 September, naik dari 22 infeksi pada sehari sebelumnya. Semua kasus baru tersebut berada di Fujian.

Dalam empat hari, terdapat total 102 infeksi yang telah dilaporkan di Fujian. Fujian berbatasan dengan Zhejiang di Utara dan Guangdong di Selatan.

Kasus infeksi ini datang menjelang liburan hari nasional yang dilaksanakan selama seminggu yang dimulai pada 1 Oktober, pada musim turis utama. Wabah domestik terakhir pada akhir Juli hingga Agustus menyebabkan terganggunya perjalanan, memukul sektor pariwisata, perhotelan, dan transportasi.

Wabah Fujian dimulai di Putian, sebuah kota berpenduduk 3,2 juta, dengan kasus pertama dilaporkan pada 10 September. Pada tes awal, sampel dari beberapa kasus Putian menunjukkan bahwa pasien telah tertular varian Delta.