Kim Jong-un menghilang agar terhindar dari Covid-19?

Absennya Kim Jong-un dari HUT Kim Il-sung belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang dia berkuasa.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memandu latihan sub-unit mortir Tentara Korea Utara dalam foto yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), Jumat (10/4). ANTARA FOTO/KCNA/via REUTERS

Kim Jong-un kemungkinan melewatkan peringatan HUT Kim Il-sung, kakeknya sekaligus pendiri Korea Utara, pada 15 April menyusul kekhawatiran atas coronavirus jenis baru bukan karena sakit. Hal tersebut diungkapkan oleh menteri Korea Selatan untuk urusan Korea Utara pada Selasa (28/4). 

Absennya Kim Jong-un dari HUT Kim Il-sung belum pernah terjadi sebelumnya dan dia belum pernah muncul di muka publik sejak saat itu. Berbagai rumor dan spekulasi menyangkut kondisinya pun menyebar, bahkan ada kabar yang menyebut dia telah meninggal.

Para pejabat Korea Selatan telah menekankan bahwa mereka tidak menemukan pergerakan yang tidak biasa di Korea Utara.

Korea Utara belum mengonfirmasi satu pun kasus coronavirus jenis baru, tetapi mengingat fakta bahwa negara itu telah mengambil langkah-langkah ketat demi mencegah mewabahnya virus, maka menurut Menteri Unifikasi Korea Selatan Kim Yeon-chul, ketidakhadiran Kim Jong-un bukanlah sesuatu yang luar biasa.

"Memang benar bahwa dia tidak pernah melewatkan peringatan HUT Kim Il-sung sejak dia berkuasa, tetapi banyak acara peringatan termasuk perayaan dan perjamuan dibatalkan karena Covid-19," tutur Kim Yeon-chul di hadapan anggota parlemen.