Korsel: Tak ada tanda-tanda Kim Jong-un jalani operasi jantung

Absennya Kim Jong-un selama tiga pekan dari pandangan publik memicu berbagai spekulasi tentang kesehatan dan keberadaannya. 

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat menghadiri peresmian pabrik pupuk bersama adik perempuannya Kim Yo-jong pada gambar yang disiarkan Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), Sabtu (2/5). ANTARA FOTO/KCNA/via REUTERS

Tidak ada tanda-tanda bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menjalani operasi jantung sepanjang dia menghilang dari media pemerintah selama tiga pekan, tetapi dia mengurangi aktivitas publik karena persoalan coronavirus jenis baru. Demikian dikabarkan kantor berita Yonhap pada Rabu (6/5).

Kantor berita Korea Utara, KCNA, pada Sabtu lalu melaporkan bahwa Kim Jong-un menghadiri peresmian sebuah pabrik pupuk pada Jumat. Itu merupakan laporan pertama kemunculan Kim Jong-un di muka umum sejak 11 April.

Absennya Kim Jong-un kemudian memicu spekulasi tentang kesehatan dan keberadaannya. 

Daily NK, media berbasis di Korea Selatan yang dijalankan oleh para pembelot Korea Utara, melaporkan pada April bahwa Kim Jong-un menjalani operasi jantung.

MenurutYonhap, Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) mengatakan dalam pertemuan dengan anggota komite intelijen parlemen bahwa laporan itu tidak berdasar.