Wapres JK dan tokoh bangsa serukan damai usai pemilu

Setelah terjadi kericuhan aksi 22 Mei, sejumlah tokoh bangsa berkumpul di kediaman Wapres Jusuf Kalla menyerukan perdamaian.

Setelah terjadi kericuhan aksi 22 Mei, sejumlah tokoh bangsa berkumpul di kediaman Wapres Jusuf Kalla menyerukan perdamaian. / Antara Foto

Setelah terjadi kericuhan aksi 22 Mei, sejumlah tokoh bangsa berkumpul di kediaman Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla menyerukan perdamaian.

Pertemuan digelar di rumah dinas Wapres di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (23/5) malam pukul 20.30-23.30 WIB. Pertemuan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan ahli hukum tata negara yang berlangsung tiga jam itu dilakukan secara tertutup.

Tampak hadir dalam pertemuan itu di antaranya mantan Wapres Try Sutrisno, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mukti, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dan hamdan Zoelfa, Din Syamsuddin, Agus Widjojo, Amirsyah Tambunan, dan Jenderal Pol (Purn) Bambang Hendarso Danuri.

Hadir pula Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil,  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Usai pertemuan, JK dan tokoh-tokoh tersebut berbincang dengan awak media tepat tengah malam. JK mengaku menghargai keputusan pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilu (PHPU) ke MK.