Kemenpora-Kemenparekraf akan berkolaborasi di event olahraga

Kemenparekraf siap memberikan dukungan karena olahraga dinilai berpotensi menggeliatkan pariwisata Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (kanan), dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno (kiri), dalam peluncuran Kharisma Event Nasional (KEN) 2022 di Jakarta, Selasa (1/3/2022). Dokumentasi Kemenpora

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dalam bidang kepemudaan dan olahraga. Pernyataan disampaikan saat peluncuran Kharisma Event Nasional (KEN) 2022.

KEN, yang diinisiasi yang diinisiasi Menparekraf, Sandiaga Uno, merupakan wadah kumpulan kegiatan seluruh daerah dengan tujuan membangkitkan geliat industri Tanah Air. Selain itu, mendukung ambisi Indonesia untuk bisa menjadi destinasi acara di Asian Tenggara.

KEN pun menjadi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah (pemda) melalui penyelenggaraan kegiatan dengan tujuan mempromosikan destinasi pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Kemudian, diharapkan berdampak positif bagi ekonomi nasional, sosial, dan budaya, salah satunya melalui kegiatan olahraga.

"Kharisma Event Nusantara ada 110 event, tadi yang sudah diluncurkan oleh Menteri Pariwisata, tentu tidak terlepas di sana ada event-event olahraga nasional, baik itu kita melaksanakan sendiri maupun kita menjadi tuan rumah dari event dunia tahun 2022, salah satunya ASEAN Para Games 2022," ucap Menpora, Zainudin Amali, dalam keterangan tertulis, Rabu (2/3).

Sandi menambahkan, olahraga memiliki potensi besar, salah satunya untuk meningkatkan pariwisata Indonesia. Karenanya, Kemenparekraf akan mendukung kegiatan Kemenpora melalui program strategis yang dibangun keduanya.