Bawaslu gandeng IDEA kembangkan sistem keadilan Pemilu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menggandeng International Institute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA).

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar dalam diskusi International Roundtable Meeting On Electoral Justice System Rabu (2/5) di Jakarta. / Humas Bawaslu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menggandeng International Institute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA) untuk mengembangkan sistem keadilan Pemilu.

Bawaslu dan IDEA menggelar acara diskusi International Roundtable Meeting On Electoral Justice System selama dua hari di Jakarta yaitu pada Rabu (2/5), hingga Kamis (3/5). 

Diskusi tersebut bertujuan untuk mengembangkan sistem keadilan Pemilu dari berbagai negara. Dengan membahas suatu panduan untuk mengukur dan menilai efektivitas dari keadilan sistem kepemiluan di suatu negara. 

Anggota Bawaslu RI yang sekaligus sebagai Koordinator Divisi Hukum Fritz Edward Siregar, dalam sambutannya mengatakan, forum tersebut diharapkan membantu sekaligus berkontribusi dalam pembuatan panduan yang dapat digunakan baik skala nasional maupun internasional.

"Melalui forum salah satu harapan adalah Bawaslu mendapat masukan atas tantangan yang akan dihadapi terhadap penerapan keadilan pemilu. Khususnya pada Pemilu Serentak 2019," katanya.