sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

350.000 UMKM sudah bergabung ekosistem digital BRI

UMKM dikelompokkan berdasarkan kompetensinya agar pelatihan yang diberikan dapat lebih sesuai dengan kondisi masing-masing UMKM.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 14 Jan 2021 18:05 WIB
350.000 UMKM sudah bergabung ekosistem digital BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) melalui Rumah BUMN (RB), terus berkomitmen memberdayakan pelaku UMKM dengan memberikan literasi bisnis dan digital. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM yang berorientasi kepada go modern, go digital, go online, and go global.

Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto mengatakan, sepanjang 2020, tercatat sebanyak 350.000 pelaku UMKM yang bernaung di 56 RB yang dikelola BRI, telah tergabung dalam ekosistem digital.

Dalam ekosistem tersebut, para pelaku UMKM diberikan pendampingan (workshop dan coaching) dengan harapan bukan hanya siap secara bisnis dan terpapar digitalisasi, tetapi juga naik kelas dan masuk ke pasar global.

“Kami mendorong agar pelaku UMKM melek teknologi dan mampu menjadi teknopreneur, sehingga dapat meningkatkan produktivitas mereka. Pelaku usaha juga mendapatkan pelatihan metode atau cara bagaimana memperluas akses pasar secara online, melalui platform Indonesia Mal dan PADI UMKM,” ujar Catur dalam keterangan resminya, Kamis (14/1).

Di Rumah BUMN, UMKM dikelompokkan berdasarkan kompetensinya agar pelatihan yang diberikan dapat lebih sesuai dengan kondisi masing-masing UMKM. Yaitu, mulai dari tahap kompetensi tradisional, berkembang, dan modern. Pada masing-masing kelompok tersebut, BRI telah menyiapkan modul yang sesuai dengan kompetensi tersebut.

Bagi UMKM dengan kompetensi tradisional dan berkembang, akan mendapatkan pelatihan bisnis dan keuangan, permodalan, segmentasi dan target pasar, proses produksi dan pemasaran, serta total quality management.

Sedangkan untuk kompetensi modern, program pelatihan akan lebih menekankan pada efisiensi kualitas, standarisasi produksi dan pengembangan produk baru.

Bagi UMKM yang memiliki perspektif go global, BRI menyediakan program BRIncubator Go Global, yang lebih fokus mempersiapkan para pelaku UMKM masuk ke pasar global. Dalam program ini, UMKM akan melalui serangkaian proses seleksi sebelum masuk dalam tahap inkubasi dan pendampingan secara intensif, untuk masuk dalam pasar global, baik lokal maupun internasional.

Sponsored

"BRI terus berupaya untuk membuka akses distribusi serta memperluas jaringan pemasaran bagi pelaku UMKM, dengan tidak henti membangun business mindset dan keterampilan digital yang dibutuhkan pasar global saat ini, agar mampu bersaing di pasar global," kata Catur.

Berita Lainnya