sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aksi beli bersih asing tak mampu dorong IHSG ke zona hijau

Investor asing melakukan aksi beli bersih senilai Rp337 miliar di seluruh pasar dan senilai Rp311 miliar di pasar reguler.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 14 Jun 2021 16:10 WIB
Aksi beli bersih asing tak mampu dorong IHSG ke zona hijau

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,25% ke level 6.080 pada perdagangan Senin (14/6). 

Tercatat sebanyak 22,9 miliar saham diperdagangkan hari ini, dengan nilai transaksi Rp9,5 triliun. Sebanyak 187 saham naik ke zona hijau dan 309 saham turun ke zona merah.

Investor asing melakukan aksi beli bersih senilai Rp337 miliar di seluruh pasar dan senilai Rp311 miliar di pasar reguler. Saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA), dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menjadi tiga saham yang paling banyak dibeli oleh investor asing.

Sepanjang jam perdagangan hari ini, saham yang mengalami penguatan terbesar di antaranya HDFA, BPTR, CANI, TRUE, dan LAND. Sedangkan saham-saham yang mengalami penurunan terbesar diantaranya LUCY, MSIN, DNAR, ASBI, dan BCAP.

Sponsored

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, dari dalam negeri, pergerakan IHSG berfluktuasi seiring dengan sentimen dari eksternal, dan juga dari internal yang mencerminkan sikap pelaku pasar yang lebih berhati–hati terhadap kemungkinan hal yang tak terduga.

"Di lain sisi, sentimen positif dari perpanjangan stimulus fiskal PPnBM pada kendaraan bermotor, menjadi harapan terkait pemulihan daya beli pada kuartal III-2021," tulis Pilarmas Sekuritas.

Berita Lainnya