sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Survei: Masyarakat Indonesia cukup optimistis atas pemulihan ekonomi

21% responden mengaku pendapatannya sudah stabil.

Herzha Gustiansyah S
Herzha Gustiansyah S Kamis, 05 Nov 2020 21:26 WIB
Survei: Masyarakat Indonesia cukup optimistis atas pemulihan ekonomi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Masyarakat Indonesia dinilai optimistis bahwa ekonomi bisa segera pulih dan pandemi Covid-19 bisa dilalui dengan baik. Hal ini terlihat dalam survei IPSOS, perusahaan riset pemasaran dan opini masyarakat global, terhadap enam negara di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Singapura dan Thailand. Masing-masing negara memiliki 500 responden.

Managing Director IPSOS Indonesia, Soeprapto Tan menyebut bahwa Indonesia menjadi negara yang cukup optimistis terkait pemulihan ekonomi dibanding lima negara lain yang disurvei.

“Di awal kita melakukan studi di Mei 2020, Indonesia dibanding negara Asia Tenggara lain tidak jauh. Banyak masyarakat mengatakan, pendapatan mereka menurun. Jauh berkurang dibanding sebelum pandemi," kata Soeprapto Tan dalam Dialog Produktif bertema Kepercayaan Ekonomi Saat Pandemi yang digelar KPCPEN, Kamis (5/11).

Namun, jelas dia, memasuki survei kedua yang digelar pada September 2020, Indonesia terlihat cukup unggul dibanding lima negara lain yang disurvei.

"Dari 500 responden yang disurvei di Indonesia, terlihat sebanyak 4%  di antaranya mengaku sudah mengalami kenaikan pendapatan. Sedangkan 21% responden mengaku pendapatannya sudah stabil alias tidak lagi berkurang,” kata Soeprapto.

Hal ini, jelas dia, terjadi karena di masyarakatnya merasa terbantu dengan sejumlah pendampingan yang dilakukan pemerintah. Selain itu, masyarakat Indonesia juga optimistis vaksin bisa segera ditemukan dan diproduksi.

Penyaluran bantuan sosial, kartu Prakerja, dan stimulus untuk pengusaha juga dianggap punya andil besar dalam mendongkrak optimisme masyarakat Indonesia dalam menyongsong ekonomi yang lebih baik.

Sebanyak 60% responden, lanjut Soeprapto, ingin agar masalah Covid-19 benar-benar dibereskan terlebih dulu. Ini menunjukkan bahwa prioritas masyarakat Indonesia selama pandemi adalah aspek kesehatan.

Sponsored

"Beda sama Singapura yang lebih memprioritaskan pekerjaan. Ini juga sesuai dengan misinya KPCPEN bahwa prioritas di Indonesia adalah menangani pandemi dan secara bersamaan mengakselerasi ekonomi," pungkas Soeprapto.

Berita Lainnya
×
img