sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pelaku pasar cermati laporan keuangan, IHSG dibuka menguat 0,39%

Perhatian pelaku pasar akan tertuju pada kinerja semester I-2021 emiten dalam negeri yang mulai dirilis.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 29 Jul 2021 09:01 WIB
Pelaku pasar cermati laporan keuangan, IHSG dibuka menguat 0,39%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,39% ke level 6.112 pada perdagangan Kamis (29/7).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, bursa Wall Street ditutup bervariasi pada akhir perdagangan Rabu, dengan indeks Dow Jones dan S&P 500 melemah setelah The Federal Reserve menyatakan pemulihan ekonomi AS tetap di jalurnya. Selain itu, Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan, bank sentral masih jauh dari pertimbangan untuk menaikkan suku bunga. 

Tepat setelah pernyataan Fed, kata Dennies, indeks S&P 500 membalikkan sedikit penurunan meskipun masih berakhir sedikit lebih rendah pada hari itu. Investor khawatir tentang bagaimana kenaikan inflasi dan lonjakan kasus Covid-19 dapat mempengaruhi rencana bank sentral untuk mulai menarik stimulusnya.

Dennies memperkirakan IHSG bergerak melemah. Menurutnya, pergerakan akan cukup terbatas, dengan investor yang mencermati dampak PPKM. Selain itu, investor juga akan mencermati hasil dari rapat The Fed yang telah menetapkan suku bunga dan rencana kebijakan ke depan.

Sponsored

Sementara riset harian Samuel Sekuritas mengatakan, perhatian pelaku pasar akan tertuju pada kinerja semester I-2021 emiten dalam negeri yang mulai dirilis. Samuel Sekuritas memperkirakan IHSG bergerak menguat.

"IHSG kami perkirakan dapat bergerak menguat pada perdagangan hari ini," tulis Samuel Sekuritas.

Berita Lainnya