sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah upayakan ekonomi tidak tumbuh negatif

Krisis yang diakibatkan pandemi Covid-19 berbeda dari krisis yang dialami sebelumnya.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 05 Agst 2020 16:58 WIB
Pemerintah upayakan ekonomi tidak tumbuh negatif
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 381.910
Dirawat 63.733
Meninggal 13.077
Sembuh 305.100

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak tumbuh negatif pada 2020.

Sekretaris I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Raden Pardede mengatakan, krisis yang diakibatkan pandemi Covid-19 berbeda dari krisis yang dialami sebelumnya. Sehingga, dia mengatakan pemerintah sangat sulit membuat proyeksi pertumbuhan ekonomi.

"Sulit sekali membuat proyeksi. Tetapi yang akan kami targetkan tahun ini, kami ingin mencegah pertumbuhan negatif," kata Raden dalam konferensi pers Kemenko Perekonomian, Rabu (5/8).

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2020 tumbuh -5,32%. Raden pun mengatakan di akhir tahun, apabila pertumbuhan ekonomi bisa 0% atau 0,1%, sudah lumayan baik bagi Indonesia.

Sponsored

"Pertaruhannya bagi Indonesia adalah bagaimana kuartal III dan kuartal IV tumbuh," tuturnya.

Raden menuturkan pada kuartal III-2020, pemerintah akan mengoptimalkan belanja yang dibarengi dengan pemberian stimulus, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Pemerintah akan menyisir satu per satu, belanja kementerian atau lembaga maupun PEN, harus diserap habis di kuartal III-2020. Tetapi itu tidak cukup, harus ada kepercayaan kelas menengah untuk belanja," ucapnya.

Berita Lainnya