sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Perang Rusia-Ukraina mengakibatkan naiknya harga gandum

Gandum bisa didapat dari negara selain Ukraina.

Anisatul Umah
Anisatul Umah Jumat, 25 Feb 2022 14:08 WIB
Perang Rusia-Ukraina mengakibatkan naiknya harga gandum

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina berdampak banyak pada harga-harga komoditas, mulai dari energi hingga pangan. Selain harga minyak yang naik, komoditas gandum pun merasakan dampak perang kedua negara itu.

Melansir dari Trading Economics, Jumat (25/2), hingga pukul 13.12 harga gandum berada di posisi US$ 935,25/BU. Naik 9,25 poin, atau setara 1,03%. 

Secara mingguan, mengalami kenaikan 15,82%; secara bulanan 12,99%; dan secara tahunan year on year (yoy) 37,59%.

Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) menyebut, pasar dunia terhadap komoditas sudah mengalami kenaikan sejak tahun lalu. Ketua Umum Aptindo Franciscus Welirang mengatakan, panen gandum dari Ukraina sudah habis.

Panen selanjutnya baru akan terjadi pada Agustus. Menurutnya, pasokan gandum tidak hanya berasal dari negara ini, tetapi masih banyak negara lain.

"Banyak bermacam-macam negara termasuk US, Canada, Australia, Argentina, Brazil, India dan lain-lain,tinggal yang mana kompetitif saja," katanya kepada Alinea.id, Jumat (25/2).

Dirinya tidak menampik jika kondisi perang kedua negara tersebut memang akan berdampak pada kenaikan harga. Namun, kondisi ini sifatnya masih spekulatif.

"Tentu ada kenaikan akibat perang dan hal tersebut masih spekulatif," katanya.

Sponsored

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, pada Kamis (24/2) pasukan Rusia menembakkan rudal ke beberapa kota di Ukraina. Mereka juga mendaratkan pasukan di pantai bagian selatan Ukraina.

Sebelumnya Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan, Rusia akan melakukan operasi militer khusus ke negara tetangganya Ukraina. Seperti dilansir Reuters, tak lama setelah Putin berpidato yang disiarkan televisi di TV pemerintah Rusia, ledakan terdengar di ketenangan sebelum fajar di ibu kota Ukraina Kiev. Tembakan berderak di dekat bandara utama ibu kota dan sirine terdengar di kota, kata kantor berita Interfax.

Berita Lainnya