sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pasien Covid melonjak, PLN jaga keandalan listrik di fasilitas kesehatan

2.356 petugas disiagakan untuk menjaga keandalan pasokan listrik di Jakarta dan sekitarnya.

Anisatul Umah
Anisatul Umah Kamis, 03 Feb 2022 17:22 WIB
Pasien Covid melonjak, PLN jaga keandalan listrik di fasilitas kesehatan

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya berupaya menjamin keandalan pasokan listrik di fasilitas kesehatan saat lonjakan kasus Covid-19. Doddy B. Pangaribuan selaku General Manager PLN UID Jakarta Raya mengatakan, sebanyak 2.356 petugas disiagakan untuk menjaga keandalan pasokan listrik di Jakarta dan sekitarnya.

"Kami terus berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19, tentu dalam kapasitas kami untuk menjaga keandalan pasokan listrik di fasilitas kesehatan dan penunjang penanganan Covid-19 di Jakarta," ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis (3/2).

Tidak hanya menyiagakan petugas, PLN UID Jakarta Raya juga menyiapkan enam unit UPS (Uninterruptible Power Supply), empat Unit Kabel Bergerak (UKB), 20 Unit Power Bank, 17 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan empat unit mobil crane.

Doddy mengatakan, penguatan pasokan listrik pada fasilitas kesehatan penunjang juga terus dipantau, salah satunya Wisma Atlet yang menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19. Wisma Atlet sendiri mempunyai kapasitas daya 11.080.000 Volt Ampere (VA).

Di lokasi tersebut terdapat tiga gardu distribusi yang memasok tujuh tower. Listrik Wisma Atlet dipasok oleh tiga sumber gardu induk berbeda yang terdiri dari satu suplai utama dan dua suplai cadangan dengan kesamaan kualitas listrik.

"Sistem kelistrikan di Wisma Atlet dilengkapi dengan Automatic Change Over (ACO) di sisi tegangan menengah sebagai alat untuk memindahkan pasokan listrik dari suplai utama ke suplai cadangan apabila yang utama mengalami gangguan," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi meminta kepada seluruh petugas untuk mengawal pasokan listrik di pabrik oksigen. Ketersediaan oksigen menjadi penting untuk penanganan pasien Covid-19 yang mengalami gangguan pernafasan.

"Dalam bersiaga, PLN menerapkan sistem shift dan split work serta tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan," katanya.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid