sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sahid siapkan strategi siasati ketidakpastian akibat pandemi

Bisnis perusahaan tak luput ikut terhantam pagebluk. 

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 30 Agst 2021 18:52 WIB
Sahid siapkan strategi siasati ketidakpastian akibat pandemi

PT Hotel Sahid Jaya International Tbk. (SHID) mengakui pandemi yang terjadi telah memengaruhi banyak sektor dan menyebabkan ketidakpastian serta pasar yang bergejolak. Bisnis perusahaan juga tak luput ikut terhantam pagebluk. 

Pada 2020, Sahid hanya mencapai 33% dari target awal. Pandemi mengakibatkan turunnya tingkat permintaan dan daya beli konsumen pada sektor pariwisata dan perhotelan. 

"Walau pandemi masih berlangsung, kami optimistis mampu bangkit dan segera beradaptasi dengan berbagai situasi dan tantangan baru sekaligus membangun ketangguhan bisnis melalui berbagai inovasi," kata Wakil Presiden Direktur HSJI Ratri S. Wakeling, Senin (30/8).

Ratri mengatakan dalam proses menerapkan strategi pemulihan, perusahaan fokus pada inovasi produk, perbaikan berkelanjutan, optimalisasi pelayanan, dan ketahanan lingkungan.

Dalam inovasi produk, Sahid akan melakukan terobosan melalui optimalisasi pendapatan per meter persegi. Perusahaan bakal menerapkan perluasan income stream dari yang sebelumnya hanya fokus pada akomodasi serta makanan dan minuman (F&B), kini melakukan inovasi fungsi ruang dan membuka kolaborasi dengan pihak ketiga untuk membuat optimalisasi penggunaan ruangan di properti-propertinya. 

"Pada semester II-2021, kami akan meluncurkan empat inisiatif utama yang meliputi: outdoor/rooftop private event space (Rimbun), penyediaan ruang bagi content creators (Creators Hub), hunian co-living (Ikigai Residence), dan RR Chocolate yang merupakan destinasi kulinari luxury chocolate terbaru di Jakarta," ucapnya.

Strategi lainnya, perusahaan akan melakukan perbaikan. Yakni, akan fokus pada peningkatan kualitas aset berkelanjutan melalui program upgrade dan renovasi aset. Hal ini termasuk renovasi 140 kamar tamu superior, renovasi grand ballroom Puri Agung dan fasilitas yang baru, serta melakukan renovasi kafe teras Arkopilago

Lalu, memberikan pelayanan optimal, berfokus pada terobosan digitalisasi layanan. 

Sponsored

Kemudian, kontribusi keberlanjutan atau membuka jalan menuju Net Zero Carbon Hotel dengan meningkatkan kontrol dan pemantauan untuk mengurangi konsumsi sumber daya (air, gas, listrik), mengurangi penggunaan plastik, dan menjajaki penggunaan kemasan makanan (reusable) yang dapat digunakan kembali sambil tetap menjaga kehigienisan dan kenyamanan pelayanan. 

Memasuki fase pemulihan di semester II-2021

Dalam paparannya ke publik, manajemen Sahid juga mengklaim kalau performa perseroan perlahan pulih selama semester I-2021. 

Di kuartal kedua, rata-rata harga kamar hanya terpaut 13% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan secara keseluruhan pendapatan per jumlah kamar tersedia (RevPar) di kuartal II-2021 mengalami kenaikan menjadi Rp250.666, meningkat 63%, lebih tinggi daripada era pra-pandemi.

"Pemulihan profitabilitas merupakan fokus utama bagi Sahid, di mana manajemen akan mempertahankan EBITDA (pendapatan perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi) di atas 33%, kami berharap dapat mempertahankan growth trajectory saat ini dan menutup 2021 dengan pertumbuhan pendapatan 51% lebih kuat dibandingkan dengan periode 2020," tuturnya.

Berita Lainnya
×
tekid