sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sebelum menikah pahami aspek finansial berumah tangga

Literasi keuangan juga dibutuhkan dari orang tua.

Anisatul Umah
Anisatul Umah Senin, 20 Des 2021 12:35 WIB
Sebelum menikah pahami aspek finansial berumah tangga

Pemahaman soal aspek finansial dalam rumah tangga kini menjadi salah satu kebutuhan yang penting. Beberapa masalah kadang muncul akibat hal ini. 

Atas hal itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengajak kaula muda untuk mempelajari sektor finansial terlebih dahulu sebelum menikah.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito mengatakan, melalui pendekatan life cycle, OJK meluncurkan Buku Saku Cerdas Mengelola Keuangan bagi Calon Pengantin. Menurutnya, buku ini disusun untuk menambah wawasan tentang pengelolaan keuangan yang sederhana, mengenal produk dan layanan jasa keuangan yang dibutuhkan oleh keluarga, serta memahami aspek perlindungan konsumen keuangan.

"Pemahaman terhadap aspek finansial dalam berumah tangga menjadi kebutuhan penting yang perlu dimiliki setiap pasangan yang sedang menyiapkan pernikahan," ujarnya dalam acara Peluncuran Infrastruktur Literasi Keuangan secara daring, Senin, (20/12).

Sarjito berpandangan, buku ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi para calon pengantin agar paham prinsip mengelola keuangan keluarga yang baik.

Berdasarkan hasil OECD Programme for International Student Assessment (PISA) Financial Literacy Tahun 2018, tercatat 94% pelajar peserta survei PISA mendapatkan informasi literasi keuangan dari orang tua atau orang dewasa terdekat mereka.

"Hal ini menunjukkan pentingnya orang tua berikan pelajaran literasi keuangan kepada anak sejak dini," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, peluncuran buku literasi ini menjadi penting bagi para orang tua bisa memberikan literasi keuangan sejak dini kepada anak-anak mereka.

Sponsored

"Learning management sistem dan buku saku literasi keuangan bagi calon pengantin strategi SNLKI 2021-2025," ucapnya. 

Berita Lainnya
×
tekid