sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Selaras Citra Nusantara lepas 500 juta saham ke publik

Emiten berkode saham SCNP ini melepas sahamnya dengan harga Rp110 per saham ke publik.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 07 Sep 2020 11:28 WIB
Selaras Citra Nusantara lepas 500 juta saham ke publik
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 385.980
Dirawat 63.556
Meninggal 13.205
Sembuh 309.219

Perusahaan manufaktur alat-alat kebutuhan rumah tangga PT Selaras Citra Nusantara Tbk. (SCNP) melakukan pencatatan perdana saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (7/9).

Perseroan melepas sebanyak 500 juta lembar saham atau setara dengan 20% dari total seluruh saham milik perseroan. Emiten berkode saham SCNP ini melepas sahamnya dengan harga Rp110 per saham ke publik.

"Dengan penawaran ini, perseroan mampu meraih dana segar sebesar Rp55 miliar," kata Direktur Utama SCNP Hendrik Nursalim dalam keterangan resminya, Senin (7/9).

Dana hasil penawaran umum tersebut sekitar 85% akan digunakan untuk kegiatan operasional perseroan. Yakni sebesar 55% akan digunakan perseroan untuk perluasan area pabrik di Cileungsi, termasuk perbaikan infrastruktur jalan. Kemudian sebesar 10% akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur teknologi operasional perseroan.

Lalu 15% akan digunakan untuk pengembangan kegiatan pemasaran, 6% untuk pengembangan penjualan ke Indonesia bagian tengah dan timur, 6% digunakan untuk pembelian mesin injeksi dan sisanya 8% digunakan untuk modal kerja.

"Sementara 15% akan dipinjamkan ke anak perusahaan, yaitu PT Selaras Donlim Indonesia selama satu tahun," tuturnya.

Sebagai informasi, SCNP berawal dari perusahaan keluarga yang terbentuk pada tahun 1970-an. Hingga tahun 2019 akhir, SCNP masih dominan sebagai produsen blender, setrika, kipas angin, kompor gas terhadap order dari para mitra strategis (brand owners) dan salah satu brand ternama dari Belanda.

Selain pasar domestik, perseroan juga melayani pasar ekspor (international market). Dalam dua tahun terakhir, perseroan gencar melakukan kegiatan ekspor produk air purifier ke negara tujuan ekspor Amerika Serikat

Sponsored
Berita Lainnya