sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Catat surplus Rp18,7 triliun, keuangan BPJS Kesehatan mulai sehat

Kondisi keuangan DJS Kesehatan yang berangsur sehat ini ditunjukkan dengan kemampuan dalam membayar seluruh tagihan.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 09 Feb 2021 09:25 WIB
Catat surplus Rp18,7 triliun, keuangan BPJS Kesehatan mulai sehat
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pemerintah dan BPJS Kesehatan telah berupaya memastikan kecukupan pembiayaan Program JKN-KIS. Hal ini dilakukan agar melalui program ini masyarakat tidak terhambat dalam mengakses layanan kesehatan. 

BPJS Kesehatan menyampaikan, hingga dengan akhir 2020, pendanaan Program JKN-KIS terhitung cukup, bahkan cashflow atau arus kas dana jaminan sosial (DJS) Kesehatan mulai mengalami surplus sebesar Rp18,7 triliun.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengungkapkan, kondisi keuangan DJS Kesehatan yang berangsur sehat ini ditunjukkan dengan kemampuan BPJS dalam membayar seluruh tagihan pelayanan kesehatan secara tepat waktu kepada seluruh fasilitas kesehatan, termasuk juga penyelesaian pembayaran atas tagihan pada 2019. 

"Data unaudited mencatat, setelah dilakukan pembayaran kepada seluruh fasilitas kesehatan, posisi per 31 Desember 2020, DJS Kesehatan memiliki saldo kas dan setara kas sebesar Rp18,7 Triliun," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (8/2).

Dia pun melanjutkan, dengan tata kelola yang andal, Program JKN-KIS diharapkan pada 2021 mulai dapat membentuk dana cadangan teknis untuk memenuhi persyaratan tingkat kesehatan keuangan DJS Kesehatan sesuai regulasi.

"Kondisi cashflow DJS Kesehatan yang berangsur sehat ini menjadi hal yang positif untuk keberlangsungan Program JKN-KIS ke depan. Tongkat estafet ini diharapkan dapat meringankan laju Direksi BPJS Kesehatan di masa mendatang,” ujarnya.

Cashflow DJS Kesehatan yang cukup ini, tentu juga akan berimbas pada peningkatan kualitas layanan. BPJS Kesehatan dan pemangku kepentingan terus melakukan monitoring atas pemberian layanan kepada peserta. 

Fasilitas kesehatan diharapkan konsisten memberikan layanan yang berkualitas dan tidak melakukan tindakan penyimpangan yang berdampak pada pembiayaan program jaminan kesehatan menjadi tidak efektif dan efisien. 

Sponsored

Selain itu, angka kepuasan peserta dan fasilitas kesehatan Program JKN-KIS naik dibanding tahun sebelumnya di 2020. Untuk angka kepuasan peserta, pada 2019 memperoleh angka 80,1%, di 2020 naik menjadi 81,5%. 

"Sedangkan untuk kepuasan fasilitas kesehatan meningkat menjadi 81,3% di 2020 dari angka 79,1% di 2019,” ucapnya.

Fachmi menambahkan, saat ini masih perlu adanya upaya bersama juga untuk memenuhi amanat PP No. 53/2018 tentang Perubahan Kedua Atas PP No 87/2013 tentang Pengelolaan Aset Jaminan Sosial Kesehatan. 

Dalam Pasal 37 disebutkan kesehatan keuangan aset DJS Kesehatan diukur berdasarkan aset bersih DJS Kesehatan dengan ketentuan paling sedikit harus mencukupi estimasi pembayaran klaim untuk 1,5 bulan ke depan, dan paling banyak sebesar estimasi pembayaran klaim untuk enam bulan ke depan.

“Aset neto yang sehat ini dihitung, jika dalam istilah asuransi bisa dikatakan sebagai modal minimum atau Risk Based Capital (RBC) dari DJS Kesehatan untuk mengelola Program JKN-KIS. Tentu upaya penyehatan DJS Kesehatan ini terus diupayakan pemerintah untuk memastikan pelayanan kesehatan bagi peserta tetap optimal,” ujarnya.

Berita Lainnya