sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tokopedia luncurkan fitur mudahkan difabel

Tokopedia meluncurkan fitur baru untuk mempermudah disabilitas.

 Ratih Widihastuti Ayu Hanifah
Ratih Widihastuti Ayu Hanifah Jumat, 03 Des 2021 20:45 WIB
Tokopedia luncurkan fitur mudahkan difabel

Tokopedia secara resmi meluncurkan fitur Voice Over dalam rangka perayaan Hari Difabel Sedunia yang jatuh hari ini (3/12). Fitur tersebut dibuat guna memudahkan difabel, khususnya tunanetra dalam menggunakan aplikasi Tokopedia.

Para difable pun semakin mudah memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang membentuk sistem yang inklusif.

“Lewat fitur ini kami berharap Tokopedia bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk rekan-rekan difabel,” ucap Ferico Samuel selaku Engineering Manager Tokopedia sekaligus pengembang fitur dalam keterangan resminya, Jumat (3/12).

Dia merinci, Voice Over sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem smartphone, termasuk Android. Kemudian, kehadiran fitur itu tidak lepas dari kontribusi difabel sebagai pengguna Tokopedia. 

Dia menerangkan, Tokopedia juga memiliki program Tokopedia bersama yang berfokus pada pemberdayaan kelompok difabel. Tujuannya, para difabel dapat menjadi lebih mandiri secara sosial maupun ekonomi. Misal, lewat pembukaan kanal donasi, pelatihan keterampilan, dan akses terhadap pengembangan usaha melalui aplikasi ini yang dapat. 

Di sisi lain, Tokopedia, kini menjadi rumah bagi lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) juga terus membuka kesempatan bagi talenta terbaik, termasuk difabel. Kalangan difabel dapat berkarya bersama dan menciptakan beragam inovasi digital. 

“Deretan inisiatif Tokopedia diharapkan dapat memberikan solusi menyeluruh yang dapat membantu masyarakat Indonesia, khususnya rekan-rekan difabel, memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang sekaligus #BangkitBersama memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi,” ujarnya.

Adapun anggota Tokopedia dari kalangan difabel yang mengembangkan sistem ini bersama berjumlah lebih dari 2.000 Nakama. Mereka tergabung di tim Tokopedia Care Yogyakarta.

Sponsored

"Deva Prasetya Wibowo dan Shaleh Mahfud adalah contoh Nakama difabel di Tokopedia Care Yogyakarta yang bergabung sejak 2019 dan konsisten berkontribusi mempermudah masyarakat Indonesia lewat layanan pengguna 24/7," tuturnya.

Terkait dengan fitur tersebut, Maria Hardono selaku pengguna Tokopedia menyambut baik launching tersebut. Menurutnya, semenjak adanya Fitur Voice Over Tokopedia sangat membantu dalam proses belanja daring.

"Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping,” ujarnya.

Tunanetra lain yang merupakan pengguna sekaligus pelaku usaha di Tokopedia, M. Reza Akbar pun berpandangan, fitur ini tampak lebih efisien. “Sejak saya menggunakan fitur Voice Over di Tokopedia, saya merasa menjadi lebih mandiri khususnya dalam memenuhi kebutuhan harian serta menjalankan bisnis secara lebih mudah dan juga nyaman,” tuturnya.

Berita Lainnya
×
tekid