sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ubah strategi bisnis, Indosat PHK 677 karyawan

Pada 14 Februari 2020, sebanyak 80% dari 677 karyawan yang dipecat sudah setuju untuk menerima kompensasi.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Senin, 17 Feb 2020 07:07 WIB
Ubah strategi bisnis, Indosat PHK 677 karyawan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 373.109
Dirawat 64.032
Meninggal 12.857
Sembuh 297.509

Indosat Ooredo melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 677 karyawan. Director & Chief of Human Resources Indosat Irsyad Sahroni menyatakan alasan pengurangan karyawan ini karena perseroan tengah melakukan perubahan organisasi untuk menjadikan bisnis lebih lincah sehingga lebih fokus kepada pelanggan serta lebih dekat dengan kebutuhan pasar.

“Kami telah mengkaji secara menyeluruh semua opsi, hingga pada kesimpulan bahwa kami harus mengambil tindakan yang sulit ini, namun sangat penting bagi kami untuk dapat bertahan dan bertumbuh," kata Irsyad Sahroni dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (16/2).

Irsyad mengatakan perusahaan sudah mengambil langkah yang adil sesuai dengan ketentuan yang berlaku, mengkomunikasikan langsung secara transparan kepada setiap karyawan baik yang terkena dampak maupun yang tidak, serta memberikan paket kompensasi yang jauh lebih baik dari yang dipersyaratkan oleh undang-undang bagi karyawan yang terkena dampak.

Menurut dia, per 14 Februari 2020, dari 677 karyawan yang terdampak, lebih dari 80% telah setuju menerima paket kompensasi ini dan perusahaan juga menjalin kerja sama dengan mitra managed service untuk memberi kesempatan bagi yang terdampak agar tetap dapat bekerja di mitra kerja.

Lebih lanjut, Irsyad menuturkan perusahaan percaya langkah ini dapat meningkatkan kinerja Indosat Ooredoo, membantu perusahaan untuk tetap kompetitif di tengah tantangan disrupsi, mengoptimalkan layanan, dan menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

"Ini adalah salah satu langkah strategis dalam menjadikan Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan yang terpercaya," katanya.

Perusahaan, katanya, akan terus melanjutkan strategi tiga tahun untuk bertransformasi menjadi perusahaan yang lebih lincah dan terpercaya.

Dalam pengumuman kepada karyawan sebelumnya, President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama menyampaikan tiga perubahan vital terhadap bisnis Indosat Ooredoo. Pertama, memperkuat tim regional agar lebih cepat mengambil keputusan dan lebih dekat dengan pelanggan.

Sponsored

Kedua, pengalihan penanganan jaringan ke pihak ketiga dan penyedia jasa managed service sejalan dengan praktik terbaik di industri.

Ketiga, rightsizing organisasi, menambah SDM untuk meningkatkan daya saing dan meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan, serta merampingkan SDM di beberapa fungsi bisnis. (Ant)

Berita Lainnya