sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Permudah evakuasi dalam air, BPBD Kota Makassar latih personel kemampuan menyelam

Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan personel dalam aktivitas pencarian dan evakuasi korban yang tenggelam di sungai maupun laut.

Muhammad Wahid Aziz
Muhammad Wahid Aziz Rabu, 20 Jul 2022 13:53 WIB
Permudah evakuasi dalam air, BPBD Kota Makassar latih personel kemampuan menyelam

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mulai membekali personel Tim Reakci Cepat (TRC) dengan teknik dasar berenang dan menyelam. Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan personel dalam aktivitas pencarian dan evakuasi korban yang tenggelam di sungai maupun laut.

"Latihan ini rutin dilaksanakan dengan melibatkan seluruh personel BPBD yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC)," kata Kepala BPBD Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin di sela-sela pelatihan di Kolam Renang Mattoangin, Selasa (19/7).

Hendra menjelaskna, para TRC juga dibekali dengan pelatihan Vertical Rescue, Pertolongan Pertama (PP) atau Penanganan Medis dan Kaji Cepat. Pelatihan ini dilakukan 3 kali dalam sepekan agar kondisi TRC tetap prima kapanpun dibutuhkan.

"Latihan ini juga sering dilaksanakan pada waktu senggang kantor. Ini salah satu upaya dalam meningkatkan kapasitas personil dalam melakukan tindakan pertolongan pada saat keadaan darurat," katanya.

Lebih lanjut, BPBD Kota Makassar juga menyiapkan 2 personel perempuan yang khusus menjadi tim penyelam. Nantinya, 2 personel ini akan memimpin operasi-operasi pencarian dalam air.

"Untuk di latihan dasar selam ini, ada dua personel perempuan yang diikutkan. Keduanya disiapkan khusus untuk menjadi tim penyelam dalam mendukung operasi pencarian di air nantinya," katanya.

Untuk menguji kecakapan personel TRC, Hendra mengatakan pihaknya akan melakukan gladi kesiapsiagaan penanggulangan bencana, salah satunya pelaksanaan Rencana Kontijensi Banjir dalam waktu dekat.

"Nantinya akan dilaksanakan gladi kesiapsiagaan penanggulangan bencana, salah satunya pelaksanaan Rencana Kontijensi Banjir di Makassar dengan melibatkan seluruh potensi dan relawan PB," ungkapnya.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid