sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Disdag Makassar pastikan harga dan stok pangan aman jelang Ramadan

Kenaikan harga sejumlah bahan pokok di Kota Makassar menjelang bulan Ramadan ini kerap terjadi dikarenakan fluktuasi harga bahan pokok menje

Dessy Nuraulia Budiyanto
Dessy Nuraulia Budiyanto Jumat, 01 Apr 2022 17:15 WIB
Disdag Makassar pastikan harga dan stok pangan aman jelang Ramadan

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Arlin Ariesta, memastikan pihaknya akan terus meninjau harga dan stok pangan menjelang Ramadan. Hal itu dilakukan untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok.

“Penting untuk memperhatikan stok serta harga dari tingkat produsen hingga ke konsumen. Karena stabilisasi tidak hanyak melihat bagaimana di tingkat konsumen tapi juga di produsen supaya jadi seimbang. Ketika harga tinggi, maka dilihat tingkat produksinya," jelasnya.

Arlin memastikan, stok sampai saat ini masih cenderung aman. Pihaknya juga rutin berkoordinasi dengan distributor bahan pangan untuk memastikan pasokan bahan pangan berjalan aman. Jika menemukan stok yang menipis, akan dilaporkan dan dirapatkan bersama tim pengendali inflasi daerah (TPID).

"Stok bahan pokok lain secara umum itu masih mencukupi, tapi memang yang terbatas itu stok minyak goreng. Dari pemantauan kami, preorder distributor itu tidak 100 persen, namun tetap berjalan dan terdistribusi," pungkas Arlin.

Sponsored

Arlin juga mengungkapkan kenaikan harga sejumlah bahan pokok di Kota Makassar menjelang bulan Ramadan ini kerap terjadi dikarenakan fluktuasi harga bahan pokok menjelang hari besar.

"Hal itu berpengaruh karena meningkatnya biaya produksi atau naiknya harga bahan-bahan dasar," ungkap Arlin.

Sementara itu, Tim Teknis Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar melakukan Giat Survey Harga Produk Peternakan di antaranya daging sapi, daging ayam dan telur.

Berita Lainnya
×
tekid