sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kembangkan pertanian, Pemkab Kukar bentuk kawasan percontohan

Target pengerjaan ini selama RPJMD Kukar 2021-2026.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Rabu, 11 Mei 2022 14:23 WIB
Kembangkan pertanian, Pemkab Kukar bentuk kawasan percontohan

Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara mengembangkan kawasan pertanian di Kecamatan Sebulu-Muara Kaman dan Kecamatan Tenggarong-Loa Kulu untuk dijadikan percontohan (role model) pertanian di Kukar.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Sya’rani mengatakan pengembangan kawasan tersebut akan dikerjakan secara bertahap tahun ini maupun tahun berikutnya. Target pengerjaan ini selama RPJMD Kukar 2021-2026.

“Tahun ini fokus yang dua kawasan. Artinya mau satu role model yang didorong, (kawasan) yang lain mengikuti role model itu,” kata Sya’rani, Selasa (10/5).

Sya'rani mengatakan kawsan pertanian akan dilengkapi juga dengan sarana transportasi dan infrastruktur penunjang. Pemkab Kukar akan membangun jalan usaha tani sepanjang 28,26 kilometer, embung sebanyak 15 unit, jaringan irigasi pertanian sepanjang 16,5 kilometer, DAM parit sebanyak 5 unit, dan pintu air sebanyak 33 unit. Berbagai pembangunan ini diprakirakan akan membutuhkan Rp65 miliar.

Sponsored

"Pemkab Kukar pada tahun 2022 ini bakal menggelontorkan APBD senilai Rp65 miliar," imbuhnya.

Dalam pengembangan dan peningkatan sektor pertanian ini, Lanjut Sya'rani, Distanak akan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan dinas teknis lainnya terutama untuk membangun bendungan dan DAM besar. Menurutnya, pembangunan ini untuk juga untuk mengambil peluang memnuhi kebutuhan IKN Nusantara.

“Karena selain memenuhi kebutuhan Kaltim, juga dalam mengambil peluang untuk memenuhi kebutuhan di IKN Nusantara,” pungkasnya.

Berita Lainnya