Dunia / Amerika Serikat

4 Momen paling disorot dalam pemakaman George HW Bush

Empat presiden AS duduk berjajar saat menghadiri ibadat pemakaman George HW Bush di Katedral Nasional Washington.

4 Momen paling disorot dalam pemakaman George HW Bush
Jasad presiden Amerika Serikat George HW Bush saat disemayamkan di tengah ruangan dalam upacara pemakaman di U.S. Capitol Rotunda, Washington, Amerika Serikat, Senin (3/12). ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Amerika Serikat tengah berkabung menyusul wafatnya George HW Bush. Presiden ke-41 AS itu meninggal pada Jumat (30/11) dalam usia 94 tahun.

Rangkaian upacara pemakaman Bush Sr telah dimulai pada Senin (3/12). Mendiang diberangkatkan dari rumah duka George H. Lewis & Sons di Bering ke Ellington Field, Texas, sebelum akhirnya diterbangkan oleh pesawat kepresidenan Air Force One yang untuk sementara waktu berganti nama menjadi 'Special Air Mission 41' ke pangkalan militer Joint Base Andrews di Maryland.

Ayahanda dari mantan George W. Bush itu disemayamkan selama tiga hari di Capitol Hill. Masyarakat umum diberikan kesempatan untuk melayat dari Senin malam hingga Rabu pagi. Presiden Donald Trump dan istri termasuk para tokoh yang hadir.

Dari Capitol Hill, pada Rabu (5/12) jasad Bush Sr dipindahkan ke Katedral Nasional Washington untuk ibadat pemakaman, sebelum akhirnya dimakamkan di George Bush H.W. Presidential Library Center pada Kamis (6/12). 

Sejumlah momen canggung terekam di Katedral Nasional Washington. Berikut ulasannya:

1. Trump, Obama, Clinton, dan Carter duduk berjajar

Tidak sering panglima tertinggi AS, baik yang tengah menjabat atau pun di masa lalu berkumpul di satu tempat. Kalau pun terjadi, lazimnya itu di upacara pemakaman atau pembukaan perpustakaan kepresidenan.

Benar saja, di barisan paling depan di Katedral Nasional Washington duduk berjajar Donald Trump dan Melania Trump, Barack Obama dan Michelle Obama, Bill Clinton dan Hillary Clinton, serta Jimmy Carter istrinya Rosalynn. Momen ini menarik perhatian, bukan hanya karena kelangkaannya, namun juga karena ketegangan yang tergambar jelas mengingat perbedaan pandangan politik mereka.

Ini adalah interaksi pertama antara Trump dan para pendahulunya, yang beberapa kali menjadi target kritiknya. 

Ketika tiba di kursi yang telah disediakan, Melania sempat menyalami Barack Obama dan istri, dan Bill Clinton. Sementara, Hillary Clinton hanya melempar tatapan dengan wajah datar dan Jimmy Carter serta istri hanya tersenyum sembari mengangguk karena tidak memungkinkan bagi pasangan itu untuk menjangkau Melania.

Trump sendiri hanya berjabat tangan dengan Barack Obama dan Michelle. 

Dari sekian banyak pernyataan kontroversialnya, Trump pernah menyebut bahwa Obama tidak lahir di AS, mengatakan Bill Clinton sebagai penyerang wanita, menegaskan bahwa Hillary Clinton harusnya dipenjara, dan mencap Jimmy Carter sebagai presiden AS terburuk kedua setelah Obama.

2. Wajah dingin Hillary Clinton

Meski pun berjabat tangan dengan Obama dan Michelle, namun Trump tidak mengulurkan tangannya kepada Bill Clinton dan istri. Padahal Bill telah melihat ke arah Trump sembari tersenyum. 

Ada pun Hillary Clinton memilih untuk menatap lurus ke depan. Wajahnya sama sekali tidak menunjukkan ekspresi ramah.  

3. Jabat tangan Trump dan Michelle Obama 

Walau Michelle Obama dan Trump berjabat tangan, namun momen tersebut dinilai tidak nyaman mengingat komentar mantan ibu negara itu tentang sang presiden.

Dalam memoarnya, Michelle menulis bahwa teori konspirasi yang digagas Trump bahwa Obama tidak lahir di AS adalah sesuatu yang tidak akan pernah dimaafkannya.

4. Momen manis Bush Jr dan Michelle Obama

Jabat tangan Michelle Obama dan Trump yang kaku berbanding terbalik dengan momen serupa yang dilakukan Michelle dan George W. Bush. Sebelum menduduki kursinya, Bush Jr menyapa satu per satu presiden. Dia memulainya dengan bersalaman dengan Trump, lanjut ke Melania, Obama, Michelle, Bill Clinton dan Hillary, serta Jimmy Carter dan istri. 

Bush Jr bahkan sempat menyapa mantan Wakil Presiden Joe Biden yang duduk di kursi belakang Jimmy Carter.

Momen menarik terjadi saat Bush Jr berjabat tangan dengan Michelle. Presiden ke-43 AS itu tertangkap kamera memberikan sesuatu ke Michelle. Obama yang menyadarinya pun dibuat tersenyum oleh tingkah Bush Jr. Demikian pula Michelle.

Warganet dunia pun dibuat penasaran dengan benda apa yang diberikan Bush Jr kepada Michelle.

Muncul dugaan kuat bahwa benda yang dimaksud adalah permen.

Pasalnya, dalam ucapara pemakaman Senator John McCain pada 25 Agustus lalu, Bush Jr tertangkap kamera memberikan permen yang didapatnya dari sang istri Laura kepada Michelle. Bukan rahasia bahwa keduanya menjalin hubungan persahabatan. (ABC News dan VOA)


Berita Terkait

Kolom

Infografis