sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Badai Elsa dan Fabien tewaskan 9 orang di Eropa

Dua badai menghantam Spanyol, Portugal dan Prancis.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 23 Des 2019 14:09 WIB
Badai Elsa dan Fabien tewaskan 9 orang di Eropa

Dua badai yang menghantam Spanyol, Portugal, dan Prancis menewaskan sembilan orang pada Minggu (22/12). Badai Elsa dan Badai Fabien telah membuat sungai meluap, melumpuhkan jaringan listrik, menumbangkan pohon, serta mengganggu jalur transportasi darat dan udara di seluruh wilayah terdampak. 

Dua orang tewas di Portugal dan tujuh lainnya kehilangan nyawa di Spanyol, negara yang paling parah terdampak badai.

Pemerintah setempat melaporkan, tiga petugas polisi dan seorang nelayan diselamatkan setelah mencoba menolong nelayan lainnya yang terseret ke laut di Catalonia, timur laut Barcelona.

Korban tewas di Spanyol termasuk seorang wanita asal Korea Selatan yang tertimpa puing-puing bangunan di Madrid dan pria Belanda yang tenggelam di lepas pantai Andalusia.

Ketika Badai Elsa yang mulai melemah bergerak ke arah Inggris pada Sabtu (21/12), Badai Fabien melaju ke arah Spanyol dengan kecepatan angin 170 kilometer per jam.

Sekitar 8.000 rumah di Galicia, Spanyol, kehilangan tenaga listrik karena embusan angin kencang merusak kabel-kabel listrik di wilayah tersebut.

Delapan taman kota di Madrid ditutup pada Sabtu karena angin kencang. Pejabat setempat pada Minggu menyebut bahwa Fabien bergerak cepat.

Sejumlah taman kota juga ditutup di Bordeaux, barat daya Prancis. Akibat angin kencang, sirkus Arlette Gruss di alun-alut utama kota membatalkan tiga pertunjukan.

Sponsored

Pada Sabtu, badan cuaca Prancis menetapkan peringatan siaga bagi 15 wilayah di barat daya negara itu.

Angin berkecepatan 148 kilometer per jam menghantam Socoa yang dekat dengan perbatasan dengan Spanyol. Di lepas Pantai Brittany, angin mencapai kecepatan 120 kilometer per jam sebelum akhirnya menurun 90 kilometer per jam hingga Minggu.

Di seluruh wilayah barat daya Prancis, angin kencang akibat badai memutus jaringan listrik bagi 110.000 rumah.

Jaringan kereta SNCF Prancis membatalkan rute menuju Bordeaux, Toulouse, dan Hendaye karena ancaman angin merobohkan pohon-pohon di sepanjang jalur tersebut.

Pejabat di Corsica menutup seluruh bandara di pulau itu menyusul badai yang mendekat. Layanan feri ke daratan juga ditangguhkan. (The Guardian)

Berita Lainnya
×
tekid