sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Banjir di India tewaskan lebih dari 100 orang

Banjir yang dipicu hujan lebat melanda Negara Bagian Uttar Pradesh dan Bihar, India.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 30 Sep 2019 12:02 WIB
Banjir di India tewaskan lebih dari 100 orang

Lebih dari 100 orang tewas akibat banjir yang dipicu hujan lebat di Negara Bagian Uttar Pradesh dan Bihar, India. Para pejabat menyatakan bahwa lalu lintas kereta api, pergerakan kendaraan, layanan kesehatan, sekolah dan listrik mengalami gangguan di kedua negara bagian.

Laporan pemerintah Uttar Pradesh menyebutkan bahwa sejak Kamis (26/9), korban jiwa mencapai 93 orang. Sementara itu Otoritas Manajemen Bencana Bihar melaporkan bahwa jumlah korban tewas adalah 29 orang.

Sebuah rekaman video yang menunjukkan seorang pria menarik becak di tengah banjir viral di media sosial. Peristiwa ini terjadi di Patna, kota utama di Bihar.

Patna telah diguyur hujan sejak Jumat, memicu banyak kawasan perumahan terendam. Pemerintah negara bagian dilaporkan telah meminta bantuan helikopter dan mesin pompa air dari Angkatan Udara.

Di Varanasi, Uttar Pradesh, situasi tidak lebih baik. Curah hujan di negara bagian ini pada Jumat mencatat rekor, yaitu 1.700% di atas normal.

"Kondisi drainase sangat buruk," ungkap seorang warga.

Turki pada Minggu (29/9) menyatakan belasungkawa kepada India atas banyaknya korban jiwa akibat musibah banjir.

Sponsored

"Kami sedih menerima kabar bahwa lebih dari 110 orang kehilang nyawa akibat bencana banjir, khususnya di Negara Bagian Uttar Pradesh," sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki. "Kami menyampaikan belasungkawa kepada rakyat dan pemerintah India." (BBC dan Anadolu)