sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Diterjang hujan lebat dan banjir, London lumpuh

Semua layanan transportasi umum terpengaruh dan orang disarankan untuk menghindari daerah banjir.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 26 Jul 2021 08:41 WIB
Diterjang hujan lebat dan banjir,  London lumpuh

Bus dan mobil terjebak banjir di jalan-jalan Kota London. Banjir terjadi pada hari Minggu, ketika badai petir berulang kali melanda ibu kota Inggris itu.

Layanan darurat sedang berjuang melawan "banjir besar di seluruh London", Walikota Sadiq Khan mencuit di Twitter.

Ia menambahkan bahwa semua layanan transportasi umum terpengaruh dan menyarankan orang untuk menghindari berjalan atau mengemudi melalui daerah banjir.

Pengguna media sosial memposting video kendaraan yang sebagian terendam di barat daya London, dengan hujan lebat turun saat badai petir melintasi Inggris tenggara.

Kantor Met mengeluarkan peringatan cuaca kuning di seluruh London dan wilayah sekitarnya hingga pukul 7 malam waktu setempat (1800 GMT). Ini memperingatkan ada risiko sambaran petir dan banjir, dengan perkiraan hujan hingga 10 sentimeter di beberapa daerah. Hampir dua kali lipat rata-rata bulanan untuk Juli.

Polisi menutup jalan di dekat stasiun Queenstown Road di barat daya London, di mana tiga bus tingkat London terjebak di bawah jembatan kereta api, menurut seorang wartawan AFP.

Seorang sopir, yang menyebut namanya sebagai Eric, mengatakan penumpang harus turun setelah busnya mulai masuk ke air.

Pengendara lain di Walthamstow, timur laut London, meninggalkan kendaraan mereka saat hujan turun. Polisi mengatakan mereka "saat ini menghadapi banyak banjir di timur," memperingatkan bahwa terowongan dan bundaran terendam.

Sponsored

London cukup sering diterjang banjir. Sejarah mencatat, Ibu Kota Negeri Ratu Elizabeth itu pernah mengalami banjir parah karena lupaan sungai Thames pada 1953.  Menurut catatan, akibat banjir itu 332 orang tewas, dan tercatat sebagai banjir terburuk yang pernah terjadi di London. (Sumber: AFP, Alarabiya).

Berita Lainnya