sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Duterte tak akan hadiri KTT ASEAN di Jakarta

Alih-alih Duterte, FIlipina akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin Jr. dalam KTT ASEAN pada Sabtu (24/4).

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 22 Apr 2021 17:08 WIB
Duterte tak akan hadiri KTT ASEAN di Jakarta

Presiden Filipina Rodrigo Duterte tidak akan menghadiri pertemuan tinggi para pemimpin ASEAN di Jakarta, Indonesia pada Sabtu (24/4), karena khawatir akan pandemik Covid-19. Berita tersebut disampaikan oleh juru bicara Duterte, Harry Roque, pada Kamis (22/4).

"Saya pikir satu-satunya masalah adalah haruskan KTT dijalankan secara tatap muka atau mungkin berjalan secara virtual? Beberapa kepala negara ASEAN lainnya juga tidak dapat hadir secara pribadi," jelas Roque dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan.

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Filipina, Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin Jr. ditunjuk sebagai perwakilan Duterte dalam KTT ASEAN. Dalam sebuah pernyataan, dijelaskan bahwa presiden memutuskan untuk melewatkan pertemuan untuk menghadiri masalah domestik yang mendesak sehubungan dengan lonjakan infeksi di dalam negeri.

"Filipina sangat mendukung diselenggarakannya pertemuan tersebut bahkan tanpa kehadiran penuh dari semua pemimpin ASEAN," jelas pernyataan Kemlu Filipina.

Sponsored

Lebih lanjut, kemlu menyatakan bahwa Presiden Duterte, melalui Menlu Locsin, akan menyampaikan komitmen Filipina terhadap upaya kolektif ASEAN dalam mengatasi ancaman dan tantangan perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Para kepala negara ASEAN akan bersidang untuk membahas masalah-masalah regional yang mendesak seperti situasi politik yang tegang di Myanmar. Poin diskusi lainnya termasuk upaya pemulihan pandemik Covid-19 dan langkah-langkah pembangunan komunitas.

Sebelumnya, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha menyatakan bahwa dirinya juga tidak akan menghadiri KTT ASEAN dan akan diwakili oleh menteri luar negerinya.

Sumber : CNN

Berita Lainnya