sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hari ini, LDP pilih penerus PM Shinzo Abe

Banyak yang menilai Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga akan menjadi pemenangnya.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 14 Sep 2020 12:31 WIB
Hari ini, LDP pilih penerus PM Shinzo Abe
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang pada Senin (14/9) melakukan pemungutan suara untuk memilih pemimpin barunya yang akan hampir pasti menggantikan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Bulan lalu, Abe mengumumkan pengunduran dirinya karena alasan kesehatan.

Banyak yang menilai Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga akan menjadi pemenangnya. Dia dianggap sebagai sekutu dekat Abe dan kemungkinan melanjutkan kebijakan pendahulunya.

Setelah LDP memilih pemimpin barunya, akan ada pemungutan suara lagi pada Rabu (16/9) di parlemen, di mana hampir dapat dipastikan bahwa pemimpin LDP akan menjadi perdana menteri berikutnya. Pasalnya, mayoritas kursi parlemen diisi oleh anggota LDP.

Mengambil alih masa jabatan Abe, perdana menteri baru diharapkan menyelesaikan sisa periode saat ini hingga pemilihan berikutnya pada September 2021.

Siapa Yoshihide Suga?

Lahir sebagai putra dari petani stroberi, Suga adalah seorang politikus senior di Jepang.

Mengingat peran sentralnya sebagai sekretaris kabinet utama dalam pemerintahan, Suga diharapkan dapat memberikan kesinambungan memimpin pemerintahan sementara hingga Pemilu 2021.

Sponsored

"Shinzo Abe dan petinggi partai lainnya kemungkinan besar akan memilih Suga karena dia dianggap dapat meneruskan pekerjaan dengan baik. Dia adalah orang yang menurut mereka dapat melanjutkan pemerintahan Abe," tutur pakar politik di Sophia University, Koichi Nakano.

Meskipun tidak dianggap sebagai politikus yang energik, Suga dikenal sebagai pejabat publik dengan metode kerja yang efisien dan praktis.

Namun, meskipun dia adalah kandidat favorit untuk meneruskan kepemimpinan LDP pascapengunduran Abe, masih kurang jelas apakah dia dapat memimpin partai itu dalam Pemilu 2021.

Para pengamat politik berpendapat bahwa pada 2021, kemungkinan besar dinamika LDP dapat berubah. Selain Suga, ada dua pesaing lain yang mencoba peruntungan mereka untuk meneruskan jabatan PM Abe.

Salah satunya adalah Kishida Fumino yang sempat menjabat sebagai menteri luar negeri di bawah pemerintahan Abe. Dibandingkan dengan Suga, pria 63 tahun itu memiliki lebih banyak pengalaman diplomatik internasional.

Pesaing ketiga adalah Shigeru Ishiba, mantan sekretaris jenderal LDP dan pernah menjadi menteri pertahanan di kabinet Abe sebelumnya.
 

Sumber : BBC

Berita Lainnya

PPKM dan prokes ketat bisa tekan Covid-19

Senin, 25 Jan 2021 22:06 WIB

Polri harus telusuri motif dana asing ke FPI

Selasa, 26 Jan 2021 16:57 WIB

Polri diminta usut motif dana asing ke FPI

Selasa, 26 Jan 2021 13:05 WIB
×
img