sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jelang HUT China, Xi Jinping beri penghormatan ke Mao Zedong

HUT China diperingati pada 1 Oktober dan tahun ini mereka akan memamerkan persenjataan barunya dalam parade militer.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 30 Sep 2019 18:18 WIB
Jelang HUT China, Xi Jinping beri penghormatan ke Mao Zedong

Menjelang peringatan 70 tahun berdirinya China, Presiden Xi Jinping memberi penghormatan kepada Mao Zedong. Dia dan sejumlah pejabat senior lainnya mengunjungi mausoleum Mao Zedong yang terletak di Lapangan Tiananmen pada Senin (30/9). 

Xi membungkuk tiga kali di hadapan patung mendiang Ketua Mao. Menurut laporan Xinhua, Xi juga memberi penghormatan kepada jasad Mao Zedong yang dibalsam dan disimpan dalam etalase kaca di aula utama.

Terakhir kali seorang pemimpin China memberi penghormatan pada patung Mao Zedong adalah enam tahun lalu, ketika Presiden Xi memperingati 120 tahun kelahiran bapak pendiri Tiongkok itu.

Mao Zedong, yang wafat pada 1976, merupakan tokoh kontroversial di China dan warisannya selama Revolusi Kebudayaan telah membayangi sejarah Negeri Tirai Bambu.

Hingga kini belum ada jumlah resmi terkait berapa banyak orang yang tewas di China sejak Revolusi Kebudayaan dimulai pada 1966. Sejumlah sejarawan mengatakan korban tewas kemungkinan mencapai dua juta orang.  Belum lagi ditambah dengan jumlah mereka yang meninggal kelaparan akibat kebijakannya.

Kunjungan Xi ke mausoleum Mao Zedong datang ketika China sedang mempersiapkan diri untuk menggelar perayaan besar yang mencakup parade militer.

Perayaan HUT China dimaksudkan untuk menunjukkan kebangkitan Tiongkok menjadi negara yang kuat dan modern.

Peringatan 70 tahun berdirinya China tahun ini digelar saat Presiden Xi sedang mengalami sejumlah persoalan, mulai dari perang dagang dengan Amerika Serikat hingga demam babi Afrika.

Sponsored

Serangkaian protes prodemokrasi di Hong Kong juga berpotensi merusak perayaan pada Selasa (1/10). Pada Minggu, polisi antihuru-hara Hong Kong dan demonstran terlibat bentrokan.

Senin pagi, Presiden Xi dan para pemimpin Partai Komunis juga menghadiri upacara peletakan karangan bunga untuk menghormati para pahlawan nasional di Lapangan Tiananmen.

Sumber : Al Jazeera