sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Khawatir varian baru Covid-19, Saudi tutup perbatasan

Setiap orang yang berasal dari Eropa diwajibkan swakarantina selama 2 pekan sejak tanggal kedatangan. Pun harus tes Covid-19 per 5 hari.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 21 Des 2020 17:52 WIB
Khawatir varian baru Covid-19, Saudi tutup perbatasan

Arab Saudi menangguhkan semua penerbangan komersial internasional selama seminggu di tengah laporan munculnya varian baru Covid-19 di sejumlah negara Eropa.

Berita tersebut dilaporkan kantor berita negara, Saudi Press Agency (SPA), pada Minggu (20/12) malam waktu setempat, mengutip sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Arab Saudi.

Selain itu, Arab Saudi juga memutuskan untuk menutup perbatasan laut.

Penangguhan perjalanan internasional kecuali untuk kasus darurat, yang merupakan bagian dari tindakan pencegahan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan warga, dapat diperpanjang seminggu lagi.

Menurut pengumuman Kemendagri, penerbangan asing yang saat ini ada di Arab Saudi diizinkan berangkat.

Sementara itu, penangguhan masuk ke Arab Saudi melalui darat dan pelabuhan juga diterapkan untuk jangka waktu seminggu dan dapat diperpanjang pada pekan berikutnya.

Pemerintah Arab Saudi menyatakan, setiap orang, yang telah kembali dari salah satu negara Eropa atau negara mana pun di mana varian baru Covid-19 muncul, harus mengisolasi diri selama 14 hari sejak tanggal kedatangan.

Selain itu, mereka diwajibkan menjalani tes Covid-19 selama masa isolasi setiap lima hari.

Sponsored

Langkah-langkah tersebut akan ditinjau berdasarkan perkembangan pandemi merujuk penilaian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi. (Saudi Gazette)

Berita Lainnya