sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Korban tragedi kapal wisata yang tenggelam terus dicari

Penjaga pantai menambahkan bahwa mereka yang ditemukan sejauh ini telah diidentifikasi sebagai tujuh pria dan tiga wanita.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Minggu, 24 Apr 2022 18:40 WIB
Korban tragedi kapal wisata yang tenggelam  terus dicari

Sedikitnya 10 orang dipastikan tewas akibat tenggelamnya kapal wisata di perairan dingin di lepas pantai timur laut Jepang. Penjaga pantai Jepang mengatakan pada hari Minggu bahwa pencarian masih berlanjut untuk 16 orang lainnya yang masih hilang.

"Kami telah mengkonfirmasi kematian 10 orang" yang sejauh ini telah ditemukan," kata seorang juru bicara penjaga pantai.

Dalam sebuah pernyataan, penjaga pantai menambahkan bahwa mereka yang ditemukan sejauh ini telah diidentifikasi sebagai tujuh pria dan tiga wanita.

Cuaca buruk tetap berlayar 

Kapal wisata Kazu I mengirimkan sinyal marabahaya pada Sabtu sore setelah kapal itu mulai kemasukan air dan tengah berada di ujung timur laut terpencil wilayah Hokkaido Jepang.

Operasi pencarian dan penyelamatan segera dimulai, tetapi harapan segera mulai memudar untuk 26 orang di dalamnya, termasuk dua anak dan dua awak, karena suhu dingin di wilayah tersebut.

Kapal tersebut berangkat pada Sabtu pagi dengan kapal pesiar wisata yang populer di Semenanjung Shiretoko, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO karena lingkungan alamnya yang murni dan beragam satwa liar.

Tur tetap berjalan meskipun angin kencang dan gelombang yang dilaporkan mendorong bahkan beberapa kapal nelayan lokal untuk kembali ke pantai untuk menghindari kondisi yang memburuk.

Sponsored

"Jelas bahwa kondisi di laut akan memburuk, jadi saya mengatakan kepada mereka untuk tidak pergi," kata seorang operator kapal wisata lokal kepada NHK. "Tapi mereka tetap (pergi). Saya mengatakan kepada kapten untuk tidak melakukannya."

Kapal itu mengeluarkan panggilan darurat sekitar pukul 13:15 (0415GMT) pada hari Sabtu, dengan helikopter penjaga pantai dan kapal tiba di daerah itu beberapa jam kemudian.

Beberapa ditemukan di dalam air, sementara yang lain terlihat di sepanjang garis pantai yang terjal, di mana gambar dari penyiar nasional NHK menunjukkan petugas penyelamat menyisir pantai saat ombak menghantam pantai.(TRTWorld)

Berita Lainnya