sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kota Ho Chi Minh Vietnam kembali lockdown

Pemerintah Vietnam berencana melonggarkan kebijakan di Hanoi.

Sita Aisha Ananda
Sita Aisha Ananda Senin, 13 Sep 2021 17:13 WIB
Kota Ho Chi Minh Vietnam kembali lockdown

Pemerintah Vietnam memutuskan untuk memperpanjang lockdown di Kota Ho Chi Minh Senin (13/9) hingga akhir september 2021. Namun di sisi lain, Pemerintah Vietnam berencana melonggarkan kebijakan di Hanoi dan beberapa provinsi lainnya.

"Secara keseluruhan, Kota Ho Chi Minh akan berada di bawah pembatasan selama dua minggu lagi," tulis surat kabar Dan Tri mengutip wakil ketua kota Duong Anh Duc.

Kebijakan ini diambil untuk menekan penularan Covid-19 dan mencegah rumah sakit mengalami kewalahan tangani pasien Covid-19. Meski ada pembatasan tersebut, restoran tetap diizinkan buka dengan layanan takeaway.

Sementara itu Ibu kota Hanoi, pusat industri selatan Binh Duong, dan beberapa provinsi di Delta Mekong sedang berusaha secara bertahap mengurangi pembatasan.

Otoritas penerbangan sipil juga telah mengusulkan kepada Kementerian Transportasi Vietnam agar memulai kembali penerbangan domestik dalam tiga fase.

Sejauh ini, lebih dari 1 juta dosis vaksin telah diberikan kepada warga Vietnam setiap harinya. Meski demikian, vaksinasi Vietnam tergolong rendah, yaitu sebesar 5,2% dari 98 juta penduduknya.

Saat ini, Vietnam telah mencatat lebih dari 610.000 infeksi dan 15.000 kematian, sebagian besar sejak Mei kemarin. Dari jumlah itu, pusat bisnis Kota Ho Chi Minh menyumbang setengah kasus infeksi dan 80% kematian.

Sampai akhir April, Vietnam berhasil mempertahankan rekor baik dalam penanganan Covid-19. Namun, kebijakan pembatasan pergerakan masyarakat telah berdampak pada ekonomi, khususnya industri, ekspor, dan penjualan ritel. Semuanya turun pada Agustus.

Sponsored


Sumber : Reuters

Berita Lainnya