sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lebih dari selusin gorila di kebun binatang AS positif covid-19

Tim sedang memantau gorila yang terkena dampak dengan sangat cermat dan berharap mereka akan pulih sepenuhnya.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Minggu, 12 Sep 2021 17:48 WIB
Lebih dari selusin gorila di kebun binatang AS positif covid-19

Setidaknya 13 gorila di Kebun Binatang Atlanta di AS telah tertular Covid-19, menurut hasil tes awal. Kebun binatang itu membagikan berita tersebut di situs webnya Jumat (waktu setempat), setelah staf memperhatikan beberapa gorila menunjukkan gejala ringan, termasuk batuk, sekret hidung, dan sedikit kehilangan nafsu makan.

Tak lama setelah pengamatan, Tim Perawatan Hewan dan Kedokteran Hewan mengumpulkan sampel feses serta usap hidung dan mulut dari 20 gorila di kebun binatang. Sampel kemudian dikirim ke University of Georgia, yang mengembalikan hasil dugaan positif untuk SARS-CoV-2, penyakit yang menyebabkan Covid-19.

“Tim sedang memantau gorila yang terkena dampak dengan sangat cermat dan berharap mereka akan pulih sepenuhnya. Mereka menerima perawatan terbaik, dan kami siap memberikan perawatan suportif tambahan jika diperlukan,” kata Sam Rivera, DVM, Direktur Senior Kesehatan Hewan, dalam sebuah pernyataan.

“Kami sangat prihatin bahwa infeksi ini terjadi, terutama mengingat protokol keselamatan kami saat bekerja dengan kera besar dan spesies hewan rentan lainnya, dan selama pandemi, sangat ketat.”

Meskipun tidak jelas bagaimana gorila tertular penyakit itu, pejabat Kebun Binatang Atlanta mengatakan mereka yakin infeksi itu mungkin berasal dari staf positif Covid yang tidak menunjukkan gejala.

Anggota tim yang bersangkutan dilaporkan telah divaksinasi sepenuhnya dan mengenakan Alat Pelindung Diri ketika berhadapan dengan gorila, menunjukkan bahwa dia tidak menyadari bahwa dia telah membawa virus.

Menurut Atlanta Journal-Constitution, kera yang terinfeksi termasuk Ozzie yang berusia 60 tahun, gorila tertua yang hidup di kebun binatang.

Zoo Atlanta mengatakan telah diizinkan untuk menggunakan Zoetis, vaksin virus corona yang dibuat untuk hewan yang rentan terhadap virus. Kebun binatang mengatakan akan menggunakan vaksin pada populasi gorila, serta orangutan Kalimantan dan Sumatra, harimau Sumatra, singa Afrika, dan macan dahan.

Sponsored

“Sementara manusia diketahui dapat menularkan virus ke hewan seperti gorila, dan kasus ini telah terjadi di kebun binatang lain, saat ini tidak ada data yang menunjukkan bahwa hewan kebun binatang dapat menularkan virus ke manusia,” tulis pihak kebun binatang.

“Bagaimanapun, pengunjung Kebun Binatang Atlanta tidak menimbulkan ancaman penularan ke gorila atau sebaliknya mengingat jarak antara area yang digunakan oleh para tamu dan habitat hewan.”(stuff)

Berita Lainnya